Tips Cari Uang lewat Instagram
TEMPO.CO | 09/06/2021 20:58
Ilustrasi perempuan melihat Instagram. unsplash.com/social.cut
Ilustrasi perempuan melihat Instagram. unsplash.com/social.cut

TEMPO.CO, Jakarta - Selain untuk pamer foto dan video, Instagram juga bisa mencari teman bahkan uang. Untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari Instagram diperlukan trik dan strategi khusus.

Dalam setiap usaha selalu ada hasil yang setimpal. Karena itu harus konsisten dan juga selalu menikmati prosesnya jika ingin mendapatkan uang dari Instagram. Tidak heran, karena kreativitas dan juga konsistensi para selebgram bisa menghasilkan uang yang fantastis dari sebuah konten. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan uang dari Instagram.

Personal branding
Langkah yang paling awal adalah bangun personal branding di Instagram. Personal branding sendiri adalah impresi tentang akun instagram Anda dan ingin menunjukkan apa pada pengikut.

Tata tampilan
Karena Instagram menampilkan visual, maka tampilan galeri pribadi harus yang menarik mata orang lain. Agar banyak menampilkan konten yang menarik maka akan semakin menarik minat pengikut. Rapikan segala konten di galeri, mulai dari foto, video, bio, profil, dan highlight stories. Pilih foto profil terbaik dan respresentasikan personal branding.

Cari pengikut aktif
Saat ini sudah banyak yang menawarkan jasa jual beli penambahan jumlah pengikut. Untuk langkah instan, langkah itu sering diambil oleh para pembuat konten. Namun, justru hal tersebut tidak tepat untuk pemula. Pengikut yang didapat dengan cara tidak organik biasanya pemilik akunnya fiktif.

Biasanya jasa penjual pengikut akan membuat banyak akun palsu untuk mengikuti akun Anda. Akun palsu adalah akun tanpa pemilik sehingga mereka tidak aktif. Semakin banyak akun-akun kosong seperti itu justru akan menurunkan performa akun Instagram Anda karena mereka hanya akan mengikuti tanpa berinteraksi dengan memberikan komentar atau suka.

Jalin ikatan pengikut
Meskipun pengikut sudah banyak, Instagram akan sepi tanpa adanya interaksi. Oleh karena itu, harus ada keterikatan dengan pengikut yang disebut keterikatan. Untuk itu, selalu aktif dan responsif. Balas segera pesan atau komentar yang masuk, kemudian berikan tanda suka pada unggahan para pengikut.

Konten sponsor
Salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan uang dari Instagram dengan berjualan. Jika tidak memiliki barang produksi sendiri, Anda bisa menjadi perantara penjualan. Dalam menjual produk, Anda nantinya akan diminta untuk mengunggah barang-barang tertentu. Anda akan mendapatkan komisi karena sudah mempromosikan.

Rutin unggah konten
Saat bingung ingin mengunggah konten apa, Anda bisa membagikan pengalaman yang dimiliki kepada pengikut atau membahas topik ringan seperti hal terkait isu yang sedang terjadi. Bisa pula bagikan konten berisik tips dan trik. Buatlah konten apapun agar Instagram selalu aktif untuk menarik reaksi pengikut.

Baca juga: Tips Manfaatkan Instagram untuk Promosi Jualan


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT