Wellness Tourism, Pulau Nusa Dharma Bali Jadi Destinasi Wisata Yoga dan Meditasi
TEMPO.CO | 22/06/2021 07:39
Foto udara kegiatan yoga bersama saat perayaan Hari Yoga Internasional 2021 di Pulau Nusa Dharma, Nusa Dua, Badung, Bali, Ahad, 20 Juni 2021. Acara itu juga sekaligus untuk mengenalkan Pulau Nusa Dharma sebagai pulau yoga dan meditasi yang diharapkan dapa
Foto udara kegiatan yoga bersama saat perayaan Hari Yoga Internasional 2021 di Pulau Nusa Dharma, Nusa Dua, Badung, Bali, Ahad, 20 Juni 2021. Acara itu juga sekaligus untuk mengenalkan Pulau Nusa Dharma sebagai pulau yoga dan meditasi yang diharapkan dapat mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan di kawasan The Nusa Dua. ANTARA/Fikri Yusuf

TEMPO.CO, Jakarta - Bali tengah bersiap untuk menjadi destinasi wisata kesehatan. Selain menyiapkan objek wisata untuk layanan kecantikan, pulau Dewata akan mengembangkan wisata olahraga khusus yoga dan meditasi di Pulau Nusa Dharma, The Nusa Dua, Kabupaten Badung.

"Kami berharap ke depannya Pulau Nusa Dharma dapat dikenal sebagai kawasan kegiatan yoga dan meditasi yang nantinya akan mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Nusa Dua, khususnya dalam meningkatkan kunjungan Wellness Tourism," ujar Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, Senin, 21 Juni 2021.

Menurut Ardita, kawasan pulau itu memiliki lahan seluas tiga hektar yang digunakan khusus sebagai lokasi pelaksanaan yoga dan meditasi. "Mungkin ini satu-satunya di dunia, itu menjadi value kita," ujarnya.

Pulau tersebut juga telah menjadi lokasi pelaksanaan perayaan Hari Yoga Internasional ke-7 yang diselenggarakan Konsulat Jenderal India Bali bekerjasama dengan The Nusa Dua yang dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC dan Yog Mantra Bali pada Ahad, 20 Juni lalu. Menurut Ardita, kegiatan tersebut juga diselenggarakan sebagai salah satu upaya memperkenalkan dan mengembangkan pulau itu sebagai pulau yoga dan meditasi.

Konsulat Jenderal India Bali telah bekerja sama dengan komunitas Yoga yang berbasis di Bali, telah menyelenggarakan peringatan Hari Yoga Internasional dengan tujuan mempromosikan kesehatan, kebahagiaan, keharmonisan dan perdamaian melalui yoga. "Kami berterima kasih kepada The Nusa Dua dan Yog Mantra Bali atas dukungan dan kerja sama yang telah diberikan kepada pihak konsulat dalam menyelenggarakan kegiatan ini di tengah pandemi Covid-19 sehingga acara tetap dapat terselenggara dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Konsul Jenderal India Bali Prakash Chand.

Bali tengah dikembangkan sebagai destinasi wisata kesehatan seperti Penang dan Singapura. Selain layanan kecantikan dan yoga, pemerintah akan membangun rumah sakit internasional.

Baca juga: Jadi Tujuan Wisata Kesehatan, Bali Siapkan Layanan Kecantikan Bertaraf Dunia


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT