Dilarang Membawa Barang Ini Saat Hendak Naik Kapal Pesiar
TEMPO.CO | 29/08/2018 05:35
Kapal pesiar mewah bernama Equanimity. AP Photo
Kapal pesiar mewah bernama Equanimity. AP Photo

TEMPO.CO, Jakarta - Sama halnya dengan berpergian menggunakan pesawat, saat menaiki kapal pesiar pun ada sejumlah barang yang terlarang Anda bawa.

Namun, di antara sederet barang terlarang, ada dua barang yang paling sering orang Indonesia khususnya yang pemula, tetap bawa, sekalipun nantinya barang itu akan disita untuk sementara waktu oleh pihak pengelola kapal. Apa saja?

Baca: Pajak Barang Mewah Kapal Pesiar Bakal Dihapus

eperti pesawat. Barang yang tidak boleh dibawa dan boleh dibawa. Tambahannya, kita enggak boleh bawa kabel tambahan, ini untuk alasan keamanan," ujar General Manager PT Multi Alam Bahari International, representatif Royal Carribean, Ivan Soetikno, di Jakarta, Selasa.

"Satu orang gadgetnya bisa 10. Sedangkan di kapal itu sudah dihitung, satu stop kontak itu untuk satu orang. Kalau ditambah bisa overload, bisa koslet bisa mati lampu satu kapal," kata Ivan.

Selain kabel, barang terlarang lainnya adalah rice cooker. Lagi-lagi, ini kerap dilanggar orang Indonesia. "Orang kita kalau belum makan nasi belum dihitung makan. Mereka takut kalau enggak ada nasi, padahal di kapal ada. Mereka biasa bawa rice cooker yang kecil-kecil," kata Ivan.

"Yang sering ketangkep itu kabel tambahan dan rice cooker," kata dia.

Baca: Kapal Pesiar Super Star Libra Kembali Sandar di Kuala Tanjung

Wisata menggunakan kapal pesiar perlahan mulai digemari orang Indonesia, kendati memang baru 1 persen dari total penumpang yang menaiki kapal pesiar milik Royal Caribbean pada tahun 2017 .

Dari sejumlah destinasi yang ditawarkan selama menggunakan kapal pesiar Malaysia dan Thailand menjadi tujuan favorit orang Indonesia. Selain itu ada Alaska dan Karibia.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT