RSUD Jayapura Datangkan Mesin Produksi Oksigen Medis dari Perancis
JUBI.CO.ID | 21/07/2021 18:22
RSUD Jayapura Datangkan Mesin Produksi Oksigen Medis dari Perancis
ilustrasi oksigen (pixabay.com)

Jayapura, Jubi – Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Jayapura mendatangkan mesin produksi oksigen medis dari Perancis. Mesin itu diperkirakan akan tiba di Kota Jayapura, Papua, pada pekan pertama Agustus 2021.

Direktur RSUD Jayapura, Aloysius Giay mengatakan saat ini kebutuhan oksigen untuk merawat pasien COVID-19 terus meningkat, namun ketersediaan oksigen di rumah sakit itu terbatas. Hal itulah yang menjadi dasar bagi RSUD Jayapura untuk membeli mesin produksi oksigen medis.

“Setiap hari, pasien COVID-19 dan umum [yang dirawat di RSUD Jayapura] membutuhkan kurang lebih 200 tabung oksigen. Sementara yang tersedia sangat terbatas,” kata Giyai usai mengikuti rapat bersama Gubernur Papua di Kota Jayapura, Rabu (21/7/2021).

Giyai memperkirakan proses instalasi mesin produksi oksigen itu akan memakan waktu sepekan. “Pada minggu pertama, kami pasang alatnya. Lalu pada minggu kedua kami sudah bisa memproduksi sekitar 300 tabung [per hari],” ujarnya.

Hal senada dilontarkan Wakil Direktur RSUD Jayapura, Silwanus Sumule. Ia mengatakan mulai Agustus 2021 pihaknya sudah bisa memproduksi oksigen medis sendiri.

“Untuk jangka pendek, kami produksi untuk memenuhi kebutuhan pasien COVID-19 [di RSUD Jayapura]. Sementara jangka [dan] menengah, [kami] akan produksi dan distribusikan [oksigen medis] ke rumah sakit [lainnya],” kata Sumule yang juga merupakan Juru Bicara Satgas COVID-19 Papua.

jubi.co.id


BERITA TERKAIT