Bikin Betah, Ini Spot Wisata di Sukabumi dengan Pemandangan Laut Eksotis
SUKABUMIUPDATE.COM | 18/09/2021 12:45
Pemandangan laut dari Pantai Taman Pandan di Desa Cikangkung, Kecamatan Cikangkung, Kabupaten Sukabumi.
Pemandangan laut dari Pantai Taman Pandan di Desa Cikangkung, Kecamatan Cikangkung, Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki berbagai macam destinasi wisata yang menawarkan keindahan, salah satunya pemandangan laut eksotis.

Ada sejumlah spot yang menyajikan pemandangan perpaduan birunya air laut dengan pasir putih pantai atau deretan karang. Keindahan itu semakin terasa dengan sunrise dan sunsetnya yang memukau. 

Lalu dimana saja spot wisata yang menyajikan pemandangan laut eksotis itu, berikut daftarnya:

1. Pantai Karang Merak 

Objek wisata Pantai Karang Merak, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. (Dok. Sukabumiupdate.com).

Pantai yang memiliki banyak hamparan karang ini berada di Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Pantai Karang Merak jauh dari hiruk pikuk perkotaan maka sangat pas untuk melepas penat. 

Ketika berada di pantai ini yang terdengar hanya suara debur ombak yang menerpa batu karang. Mata begitu dimanjakan dengan hamparan laut biru.

2. Pantai Taman Pandan

Hamparan rumput dipesisir Pantai Pandan, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupatan Sukabumi. (Dok. Sukabumiupdate.com)

Berada di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, pantai ini begitu mempesona dengan hamparan batu karang dan padang rumputnya. Kita bisa duduk di hamparan rumput hijau sambil memandang laut. Apa yang dimiliki pantai tersebut mungkin ditemukan di pantai-pantai lainnya.

Jangan lupa, siapkan kamera karena di pantai ini terdapat spot untuk berfoto yang dibangun oleh pemuda sekitar. 

3. Puncak Habibie

Puncak Habibie. (Dok. Sukabumiupdate.com)

Pesona alam yang disajikan Puncak Habibie berupa keindahan laut Palabuhanratu yang berpadu dengan deretan perbukitan hijau. Dari kejauhan, nampak jelas perahu nelayan yang sedang melaut.

Apabila berkunjung ke Destinasi wisata yang berada di Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, disarankan saat pagi hari dengan cuaca yang cerah. 

Karena Puncak Habibie cocok untuk menikmati matahari terbit atau sunrise.

4. Jalur Sabuk Geopark Ciletuh

Sunset di Jalur Sabuk Geopark Ciletuh Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. (Istimewa)

Apabila mengunjungi kawasan wisata di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, jangan buru-buru pulang dan kalau bisa tunggu hingga sore hari. Yups, itu adalah waktu untuk menikmati pemandangan matahari terbenam atau Sunset yang memanjakan mata.

Pemandangan yang mempesona ini bisa dinikmati di pinggir jalan jalur Sabuk Geopark Ciletuh. Sunset semakin jelas ketika memasuki ruas jalan di Desa Girimukti hingga Puncak Darma, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. 

Tempat tersebut cukup dikenal sebagai spot berburu Sunset.

5. Vihara Dewi Kwan Im

Vihara Nam Hai Kwam Se Im Pu Sa Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. (Dok. Sukabumiupdate.com)

Vihara yang berada di atas bukit ini menjadi destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi. Tak sulit menemukan vihara ini, lokasi berada di pinggir jalan raya di Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Karena berada di perbukitan, maka pengunjung harus melewati ratusan anak tangga. Tapi lelah itu akan terbayar saat berada di tempat tinggi di vihara tersebut, karena dari sana terlihat jelas pemandangan laut lepas yang memukau.