Nyaris Terlupakan, Titik Nol Kilometer Sukabumi Dimanakah Lokasinya?
SUKABUMIUPDATE.COM | 11/10/2021 10:10
Nyaris Terlupakan, Titik Nol Kilometer Sukabumi Dimanakah Lokasinya?

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap daerah atau kota akan memiliki titik nol kilometer sebagai tanda untuk mengukur jarak tempuh antar daerah. Begitu juga Sukabumi, di manakah lokasinya?

Untuk titik nol Indonesia, sebagian besar masyarakat tentu sudah mengetahuinya. Mungkin salah satunya dari sebuah lagu Nasional berjudul Dari Sabang Sampai Merauke. Ya, titik nol kilometer Indonesia berlokasi di Desa Iboih Ujong, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Lalu dimanakah lokasi titik nol kilometer untuk Sukabumi? Tidak sedikit masyarakat hapal mengenai jarak tempuh antara Sukabumi-Jakarta sejauh 119 Km, atau jarak Sukabumi-Bandung mencapai 96 Km.

Tapi umumnya masyarakat Sukabumi tidak mengetahui secara pasti dari titik manakah jarak antar daerah tersebut dihitung. Wajar saja jika sebagian besar masyarakat Sukabumi tidak mengetahui lokasinya.

Sebab titik nol kilometer yang ditandai berupa patok beton itu keberadaannya nyaris tidak terlihat akibat terpendam tanah. "Saya sempat melihat patok nol kilometer itu beberapa tahun lalu, tapi kondisinya seperti hampir terbenam seluruhnya sehingga terlihat seperti batu," ujar Budi Sudrajat (38 tahun), warga Cikole, Kota Sukabumi.

Di daerah lain, patok atau tugu nol kilometer bukan hanya berfungsi sebagai patokan untuk mengukur jarak tempuh saja, tetapi dijadikan sebagai destinasi wisata.

Seperti di Kabupaten Sumedang, pemerintah daerah sengaja merubah patok nol kilometer menjadi tugu yang dibangun secara kreatif menggunakan warna-warna cerah.

sukabumiupdate.com