Bus Gratis SiRatu untuk Susuri Pantai Palabuhanratu Sukabumi, Ini Rutenya
SUKABUMIUPDATE.COM | 31/07/2022 06:50
Bus Gratis SiRatu untuk Susuri Pantai Palabuhanratu Sukabumi, Ini Rutenya

SUKABUMIUPDATE.com - Berkeliling naik bus SiRatu (Pesisir Palabuhanratu) bisa jadi pilihan menikmati keindahan kota dan objek wisata pantai di Teluk Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Bus wisata berwarna ungu yang beroperasi setiap hari Sabtu dan Minggu ini dapat dinikmati secara gratis tanpa dikenakan biaya apa pun.

Bersama sejumlah wisatawan yang didominasi ibu dan anak, sukabumiupdate.com mencoba langsung menikmati sensasi naik Si Ratu ini, Sabtu pagi (30/7/2022).

Bus hibah dari Pemerintah Provinsi Jabar ini beroperasi mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB dan pukul 15.00 WIB - 16.30 WIB.

SiRatu bertolak dari Lapangan Cangehgar, Jalan Ahmad Yani, lalu ke Jalan Cangehgar, menyusuri jalan Siliwangi, jalur pantai Citepus hingga ke pantai Karanghawu, Cisolok.

Adapun untuk rute pulang, yakni melalui jalur Karanghawu - Cimaja - Citepus - Tenjoresmi Cimanggu - Taman Bunga Gunung Sumping - Jalan Sudirman, jalan Jajaway - Lapang Cangehgar.

Selama perjalanan, Wisatawan disuguhkan dengan pemandangan lepas pantai saat melintas di jalan pantai Muara Citepus. Disertai angin sepoi-sepoi menambah kesejukan perjalanan ditengah terik matahari.

Dengan dipandu guide tour dari Dinas Pariwisata, penumpang juga diberikan wawasan ilmu pengetahuan tentang Geopark Ciletuh hingga menyampaikan keunikan sejumlah landmark di titik-titik tempat yang dilewati.

"Menjelaskan tentang tempat-tempat yang ada di Palabuhanratu hingga Karanghawu Cisolok, sekitar 10 titik ada, berangkat dari Lapang Cangehgar, Jalan Siliwangi sampai ke Karanghawu," ujar Guide SiRatu dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Saffanah.

Saffanah mengatakan, kapasitas penumpang SiRatu muat sampai 25 orang. Sesampainya di Karanghawu, wisatawan diberi waktu istirahat 25 menit untuk menikmati keindahan panorama pantai.

"Dikasih waktu istirahat di Karanghawu 25 menit, (Si Ratu) ini minimal 25 orang muat, tapi tempat duduknya buat 15 orang, yang lainnya berdiri. Sekarang masih free, gratis untuk masyarakat," kata guide berusia 17 tahun ini.

Sementara itu, Sri (45 tahun), Wisatawan asal Simpenan yang pertama kali naik SiRatu mengaku senang bisa berkeliling menikmati suasana kota dan pantai Palabuhanratu secara gratis dengan naik bus SiRatu.

Di kesempatan berikutnya, Sri menyebut akan mengajak teman-teman dan saudaranya untuk bersama-sama menjajal SiRatu.

“Uhhh menyenangkan, alhamdulillah bisa jalan-jalan Palabuhanratu ya, gratis lagi. Jadi nanti mah untuk untuk semua temen-temen, saudara bakal dikasih tahu biar ikut,” ungkapnya.

Sri menilai SiRatu memberikan nilai plus untuk wisatawan yang berkunjung ke Palabuhanratu. “Harapannya ditambah lagi armadanya, jadi bisa lebih banyak muatan, tamu-tamu, bisa berkeliling dengan mudah,” katanya.


BERITA TERKAIT