Ide Liburan di Sukabumi, Mulai Menikmati Alam Hingga Mengenal Budaya
SUKABUMIUPDATE.COM | 03/09/2022 11:05
Ide Liburan di Sukabumi, Mulai Menikmati Alam Hingga Mengenal Budaya

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi menjadi salah satu wilayah di Jawa Barat yang banyak didatangi wisatawan. Selain tidak terlalu jauh dari ibu kota negara Jakarta, Sukabumi juga menawarkan banyak destinasi wisata dari mulai wisata alam, kuliner, hingga budaya.

Dengan bentang alamnya, wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi tidak akan merasa bosan terutama mereka yang menyukai wisata alam. Mulai gunung hingga pantai bisa ditemukan di Sukabumi.

Begitupun bagi wisatawan yang suka berburu kuliner, Sukabumi banyak menawarkan makanan unik dengan rasa nikmat yang bisa dicoba.

Berikut destinasi-destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke Sukabumi.


1. Wisata Menyusuri Goa

photo
Cavetubing di wana wisata Goa Baduy Sukamanah Sukabumi - (istimewa)

Di Sukabumi terdapat beberapa goa alami yang menjadi objek wisata. Goa-goa ini sangat menarik untuk ditelusuri apalagi bagi penyuka wisata yang menantang adrenaline.

Tentunya wisata goa ini akan memberi pengalaman berbeda saat berlibur. Beberapa goa yang bisa kamu datangi antara lain seperti Goa Buniayu di kecamatan Nyalindung, Goa Baduy di Kecamatan Cimanggu dan Goa Ijar yang berlokasi tidak jauh dari Goa Buniayu.

 

2. Menikmati Sukabumi dari Perbukitan

photo
Untuk objek wisata perbukitan di Sukabumi ada sejumlah tempat yang bisa menjadi pilihan dengan pemandangan alam memanjakan mata - (Instagram/@deimran16)

Untuk wisatawan yang menginginkan liburan dengan sedikit tantangan, bisa mengunjungi beberapa perbukitan di Sukabumi. Dari sini mereka bisa menikmati suasana sejuk dengan pemandangan perkotaan dari ketinggian.

Untuk mendapatkan pengalaman itu, turis bisa mengunjungi beberapa lokasi seperti Bukit Karang Numpang di Kecamatan Gunung Guruh, Karang Para yang lokasinya dekat dengan Karang Numpang, Pasir Datar di Kecamatan Caringin, Bukit Naimin di Kecamatan Sukaraja, Puncak Robin di Palabuhanratu, Gunung Tumpeng di Kecamatan Ciemas dan masih banyak lagi.


3. Bersantai di Tepian Danau

photo
(Ilustrasi) Banyak rekomendasi danau di Sukabumi yang bisa menjadi pilihan berlibur bersama keluarga di akhir pekan - (Instagram/@Dede Imran)

Untuk yang ingin berlibur dengan suasana santai sembari menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan, bersantai di tepian danau mungkin menjadi pilihan tepat.

Wisatawan bisa bersantai dan melakukan beberapa kegiatan seperti bergelantungan menggunakan hammock, memancing, bahkan camping ceria di tepi danau.

Beberapa danau yang bisa dikunjungi di Sukabumi antara lain yaitu Danau Situ Gunung, Situ Cipiit di kecamatan Jampang Tengah, Situ Zen di Kecamatan Caringin, Situ Cukang Paku di Kecamatan Pabuaran, Situ Sukarame di Kecamatan Parakansalak dan masih banyak lagi.


4. Berburu Sunset di Pantai

photo
(Ilustrasi) Pantai di Sukabumi - (Instagram/@deimran16)


Pantai menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Sukabumi. Ada banyak sekali pantai cantik yang bisa dikunjungi seperti pantai Citepus, Pantai Karang Hawu, Pantai Karang Aji, Pantai Minajaya, Pantai Ujung Genteng, Pantai Pangumbahan dan lain-lain.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat berlibur ke pantai. Wisatawan bisa sekedar bersantai menikmati deburan ombak, memancing atau berburu pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

 

5. Menyaksikan Gagahnya Air Terjun

photo
Curug Cikaso salah satu destinasi alam terbaik di Sukabumi versi Smiling West Java - (YouTube Smiling West Java)


Sukabumi dikenal memiliki banyak sekali air terjun yang bisa menghipnotis wisatawan dengan keindahannya. Banyak yang rela jauh-jauh datang dari luar kota hanya untuk melihat gagahnya air terjun di Sukabumi secara langsung.

Air terjun atau yang dalam bahasa Sunda disebut Curug paling terkenal di Sukabumi antara lain yaitu Curug Kembar, Curug Cimarinjung, Curug Puncak Manik, Curug Cikaso, Curug Awang, Curug Bibijilan, Curug Sentral, Curug Pelangi dan masih banyak lagi curug lainnya di Sukabumi.

 

6. Mengenal Budaya dan Sejarah

photo
Acara Seren Taun ke 443 Kasepuhan Sinar Resmi Sukabumi kali ini dipadati ribuan orang - (Dennis)


Untuk mereka yang kurang suka dengan wisata alam, bisa menikmati destinasi wisata lain di Sukabumi seperti mengenal budaya lokal dan mengetahui tentang sejarah kesukabumian.

Beberapa destinasi yang bisa dikunjungi antara lain kasepuhan yang ada di Sukabumi seperti Kasepuhan Sinar Resmi, Kasepuhan Ciptagelar, Kasepuhan Ciptamulya dan sebagainya.

Di sini wisatawan bisa mengenal budaya leluhur yang masih lestari seperti. Waktu paling pas berkunjung ke Kasepuhan yaitu saat digelarnya acara Seren Taun. Saat Seren Taun biasanya akan digelar berbagai pertunjukan tradisional seperti seni lais, debus, dan prosesi adat istiadat lainnya.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengenal wayang unik yang ada di Sukabumi yaitu Wayang Sukuraga.

Ya, tidak banyak orang tahu bahwa Kota Sukabumi memiliki wayang khas bernama Sukuraga. Ini adalah inovasi dari seorang budayawan serta pekerja seni Kota Sukabumi bernama Effendi. Wayang ini bahkan sudah terkenal hingga ke luar negeri.

Atau bisa juga mengunjungi museum untuk belajar sejarah yang ada di Sukabumi seperti museum Tionghoa, Museum Palagan Bojongkokosan, Museum Megalodon, Museum Mini Hanjeli.


7. Berburu Kuliner Khas Sukabumi

photo

Ilustrasi. Bandros ikon kuliner malam Sukabumi ada yang bisa dipesan antar selama PPKM darurat - (istimewa)

Lelah dengan berbagai aktivitas liburan, saatnya mengisi perut dengan berburu makanan khas Sukabumi.

Ada banyak makanan khas yang bisa dicoba seperti Mochi, Bandros, Sekoteng, Bubur, Wedang Ronde, Ciwang dan masih banyak lagi.

Makanan-makanan itu sangat cocok dinikmati di tengah dinginnya udara Sukabumi.

 

**


BERITA TERKAIT