Jawara Kontes di Sukabumi, Ini Bonsai Senilai Setengah Miliar Rupiah
SUKABUMIUPDATE.COM | 20/09/2022 11:49
Jawara Kontes di Sukabumi, Ini Bonsai Senilai Setengah Miliar Rupiah

SUKABUMIUPDATE.com - Festival bonsai nasional digelar pada 14-24 September 2022 di Lapang Canghegar, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Salah satu bonsai yang dipamerkan dalam festival bernama Karta Raharja itu mencapai harga di atas Rp500 juta.

Bonsai tersebut berjenis Cemara simensis/Juniperus chinensis ukuran extra large dengan tinggi 125 sentimeter. Tanaman yang dikerdilkan itu juga berhasil menyabet beberapa penghargaan dalam festival yang pertama kali digelar di Kabupaten Sukabumi ini. Mulai Piala Bupati Sukabumi, Best In Show seluruh kelas atau kategori, hingga Best in Class di kelas Madya.

Ketua Persatuan Penggemar bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Sukabumi yang juga Panitia Festival bonsai Karta Raharja, Solihin Dzikru, mengatakan bonsai “juara” itu milik seorang guru besar di salah satu universitas di Bandung bernama Prof Tedi Priatna.

“Bonsai miliknya itu kalau saya tertarik beli bisa capai di atas 500 juta rupiah,” ujar Solihin kepada sukabumiupdate.com, Senin (19/9/2022).

Solihin mendengar bonsai terbaik di seluruh kelas tersebut sempat ditawar Rp350 Juta, namun kabarnya sang pemilik menolak. “Intinya kalau ada yang menyukai, nilai 500 juta rupiah tentunya bukan hal yang besar bagi calon pembeli itu,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman ikut mengapresiasi terselenggaranya festival bonsai tersebut. Menurut Ade, agenda ini bisa menjadi pengungkit pertumbuhan dan kebangkitan ekonomi di Kabupaten Sukabumi.

“Selain itu mudah-mudahan dalam festival ini untuk pencinta bonsai Kabupaten Sukabumi bisa melihat contoh-contoh bonsai yang bagus di sini. Festival ini juga sangat bermanfaat bagi pengetahuan masyarakat kabupaten Sukabumi juga secara umum,” kata dia.

Walaupun tak memiliki koleksi bonsai pribadi, Ade mengaku sangat antusias dan tertarik dengan bentuk-bentuk bonsai di festival.

“Katanya ada yang harga satu miliar segala, itu sangat menarik bagi saya. Kalau saya senang dengan bonsai tersebut tentunya berani (menawar) seharga itu, tapi sekarang gak kuat (beli) saya,” ujar Ade seraya tertawa.

Festival bonsai Karta Raharja diikuti 366 peserta dari berbagai daerah. Tujuannya untuk memberi wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat, khususnya kalangan muda tentang budi daya bonsai. Festival berskala nasional ini menjadi salah satu rangkaian acara HUT ke-152 Kabupaten Sukabumi. Agenda ini dibuka Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Minggu, 18 September 2022.

 

**