Tebing Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh Sukabumi Longsor, Batu-batu Berjatuhan
SUKABUMIUPDATE.COM | 17/11/2022 15:46
Tebing Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh Sukabumi Longsor, Batu-batu Berjatuhan

SUKABUMIUPDATE.com - Terjadi longsor di wisata Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu (16/11/2022). Longsor terjadi pada bebatuan dari tebing dekat pintu air irigasi curug.

Curug Cimarinjung merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi atau Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp).

"Diketahui sudah longsor sekitar pukul 06.00 WIB saat saya ke curug," kata ketua pengelola Curug Cimarinjung, Deris, kepada sukabumiupdate.com.

Longsor berupa batu besar berasal dari tebing sebelah kanan Curug Cimarinjung dengan ketinggian 30 meter. Deris menyebut ada sekitar lima batu ukuran besar dan sepuluh ukuran kecil. Batu besar bahkan menghantam pintu air irigasi dan mengakibatkan tangga hancur.

"Kondisinya tebing masih labil. Tadi juga bebatuan kecil campur tanah masih longsor, makanya pengunjung tidak diperbolehkan masuk ke lorong batu untuk mendekati air terjun. Hanya diperbolehkan melihat dari kejauhan hingga batasnya papan nama Curug Cimarinjung," ujar Deris.

Deris menyebut saat ini lorong tersebut sudah ditutup bambu dan tong sampah. "Hal ini dilakukan mengingat curah hujan masih tinggi dan kemungkinan terjadi longsor batu susulan," kata dia.

 

**


BERITA TERKAIT