Uji Coba Lokomotif Diesel Aman, Jalur Kereta Api YIA Siap Dioperasikan
KRJOGJA.COM | 06/08/2021 09:45
Uji Coba Lokomotif Diesel Aman, Jalur Kereta Api YIA Siap Dioperasikan
Kereta Api Bandara

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pelaksana Tugas Sementara General Manager (PTS GM) PT Angkasa Pura (AP) I YIA Agus Pandu Purnama menegaskan untuk memastikan kesiapan jalur agar mobilitas penumpang betul-betul lancar dan aman maka PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan lagi uji coba rel kereta api (KA) Yogyakarta International Airport/ Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

“Alhamdulillah uji coba rel ka YIA menggunakan lokomotif diesel berjalan tanpa kendala berarti. Selain rel tidak ada kendala, jarak antara badan kereta dengan peron juga aman. Uji coba rel untuk melihat kesiapan stasiun YIA,” kata Pandu disela uji coba, Kamis (5/8/2021).

Pihaknya mengklaim, progres pembangunan stasiun YIA saat ini sudah mencapai 96 persen. Targetnya 14 Agustus mendatang, baik stasiun dan rel ka YIA sudah siap dioperasikan. “Insya Allah 17 Agustus jalur rel KA dan stasiun diresmikan,” ujarnya.

Baik PT KAI maupun PT AP I meyakini kehadiran KA YIA bisa mendongkrak jumlah penumpang YIA. Aksesibilitas yang mudah menjadi faktor potensi jumlah penumpang yang kemungkinan akan mengalami kenaikan. “Kereta api YIA merupakan salah satu sarana bagi calon penumpang maskapai yang berangkat dari YIA. Jarak dan waktu tempuh juga lebih pendek dan cepat. Sekitar 30 menit,” ungkapnya.

Sejak pandemi Covid-19 jumlah penumpang di YIA diakuinya mengalami penurunan sangat drastis. Jumlah penumpang yang terbang dari YIA setiap harinya hanya sekitar 1.000 orang.

Pelaksana Harian Stasiun YIA Bhurhani Arya mengungkapkan, uji coba rel ka YIA merupakan upaya untuk melihat kesiapan rel saat dilewati lokomotif diesel. “Uji coba perlu kami lakukan untuk mengetahui kesiapan rel khususnya jalur atau trek dari Stasiun Kedundang sampai Stasiun YIA, sebelum diresmikan,” tuturnya.

Dalam operasinya nanti, PT KAI berencana menyiapkan 56 kali perjalanan untuk rute stasiun YIA ke stasiun Yogyakarta dalam satu hari. Disinggung harga tiket, Bhurhani mengatakan sekitar Rp 25 ribu.

krjogja.com


BERITA TERKAIT