Desa Bendo, Pertama Kali di Boyolali Terapkan Layanan Homecare Lansia
KRJOGJA.COM | 12/10/2021 07:21
Desa Bendo, Pertama Kali di Boyolali Terapkan Layanan Homecare Lansia
Ilustrasi wanita tua atau lansia. Matt Cardy/Getty Images

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Tim satgas Covid-19 Desa Bendo, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah melakukan penyisiran atau yang dikenal dengan sebuatan home care bagi warga Desa Bendo yang belum melakukan vaksinasi. Tim yang terdiri dari Kepala Desa, perangkat desa dan bidan desa menggunakan sepeda motor menyisir satu persatu rumah warga lansia yang memiliki permasalahan kesehatan.

Diungkapkan Kepala Desa Bendo, Samsidi pada Senin (11/10/2021), terdapat 170 warga desa yang didatangi tim untuk melakukan vaksinasi. “Siang hari ini yaitu penyisiran vaksin homecare dari rumah ke rumah untuk warga kami kebanyakan yang lansia yang ada di desa. Total ada 170,” ujar Samsidi, di sela kegiatan.

Pihaknya menargetkan hari ini program vaksinasi di desanya dapat terselesaikan dengan harapan masyarakat Desa Bendo dapat terhindar dari Covid-19. Dari 2.457 masyarakat Desa Bendo, sebanyak 1.920 sasaran yang sudah tervaksin. “Prosentasenya dari Desa Bendo yang prosentase vaksin untuk sekarang 91,15 persen. Target selesai hari ini,” ungkap Samsidi.

Senada dengannya, Bidan Desa Bendo, Mulyani menerangkan bahwa dia melakukan homecare tersebut untuk melayani warga lansia yang mayoritas memiliki masalah kesehatan. Bagi warga yang masih belum tervaksin karena belum lolos skrining, pihaknya meminta penundaan vakainasi kepada dokter atau perawat sehingga dapat dilakukan penjadwalan ulang vaksinasi.

“Jadi kami berusaha untuk melakukan pendekatan langsung ke warga warga biar kami nanti bisa melaksanakan vaksin ini secara maksimal. Harapan kami bisa terlayani 100 persen,” ujarnya.

Di lain pihak, Kepala Bidang Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, Teguh Tri Kuncoro mengatakan bahwa capaian vaksinasi di Kabupaten Boyolali sampai hari Senin pagi (11/10/2021) telah mencapai 75,78 persen.

 krjogja.com


BERITA TERKAIT