Borobudur Highland Bakal Punya 30 Kabin Modern Fasilitas Menginap Wisatawan
KRJOGJA.COM | 13/12/2021 11:09
Borobudur Highland Bakal Punya 30 Kabin Modern Fasilitas Menginap Wisatawan
 

YOGYA, KRJOGJA.com – Badan Otorita Borobudur menyusun roadmap pengembangan kawasan Borobudur Highland yang ada di kawasan Purworejo, Kulonprogo dan Magelang. Di kawasan perbukitan Menoreh itu, akan dibangun kabin-kabin modern untuk tempat menginap para wisatawan.

Indah Juanita, Direktur Utama Badan Otorita Borobudur mengatakan proyek pembangunan kabin atau kerap disebut Bobobox (hotel kapsul) akan dimulai pertengahan 2022 mendatang. BOB bekerjasama dengan investor swasta untuk membangun paling tidak 30 kabin di kawasan Borobudur Highland.

“Akan ada 30 kabin modern dengan karakter milenial dan sudah diploting tempatnya. Tahun 2022 akan mulai dibangun. Ini kami kerjasama untuk Bobobox yang sebagian milik BOB sebagian milik investor,” ungkap Indah dalam jumpa pers akhir tahun bersama media Yogyakarta, Sabtu (11/12/2021).

Indah mengatakan, pembangunan tidak akan merusak landscape alam di kawasan hutan pinus Borobudur Highland tersebut karena konsep kabin yang dibuat menyesuaikan situasi yang alami saat ini. Konsep serupa menurut Indah sudah dibuat terlebih dahulu di Jawa Barat dan Danau Toba Sumatera Utara.

“Kabin ini ada sentuhan teknologi. Ada kacanya namun bisa menyesuaikan tidak terlihat dari luar namun bisa jelas dari dalam. Begitu juga fasilitasnya menarik. Ini cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati alam dengan lebih nyaman,” sambung dia.

Indah mengatakan, keberadaan kabin modern dan glamping De Loano yang akan ditambah unitnya tidak akan mengganggu ekosistem wisata yang telah dibentuk masyarakat sekitar Borobudur Highland. BOB justru berkomitmen untuk mendorong masyarakat agar ambil bagian dalam kemajuan Borobudur Highland.

“Segmentasinya berbeda, karena pasti untuk menginap lebih mahal. Ini tidak akan mematikan homestay warga yang ada di sana. Justru ketika nantinya bahasanya tumpah kunjungannya, masyarakat akan merasakan. Kami juga berkolaborasi untuk menyediakan makanan, sehingga masyarakat harus merasakan hal positif,” sambung dia lagi.

Di momen 2022 mendatang, BOB juga berkomitmen untuk menyelenggarakan kembali event balap sepeda gunung di Borobudur Highland yang sukses pada penyelenggaraan perdana di tahun 2019 silam. “Kami juga sudah melakukan pembangunan akses jalan agar lebih mudah. Akan dieksekusi oleh Kementrian PUPR pada 2022 nanti,” pungkas dia.

krjogja.com

 

BERITA TERKAIT