Jodogkarta, Paket Wisata Naik Gerobak di Bantul
KRJOGJA.COM | 03/01/2022 14:21
Jodogkarta, Paket Wisata Naik Gerobak di Bantul

PANDAK, KRJOGJA.com – Paguyuban Gerobak Sapi Guyup Rukun Kabupaten Bantul meluncurkan paket wisata naik gerobak, Minggu (2/1/2022). Meski baru perdana, warga sangat antusias menikmati sensasi naik alat transportasi tradisional tersebut. Soal tarif, pengunjung tidak perlu khawatir kemahalan. Sekali naik gerobak pengunjung cukup menyisihkan uang Rp 50.000, untuk lima orang.

Anggota Komisi B DPRD Bantul, Eko Sutrisno Aji SE mengungkapkan, paket wisata naik gerobak dipusatkan di Lapangan Jodog Pandak Bantul. “Paket ini kami namakan wisata numpak gerobak Jodogkarta atau kawasan Jodog Karangasem,” ujar Eko.

Pengunjung akan dibawa mengelilingi kawasan Jodog dan Karangasem. Dikawasan tersebut, pengunjung bisa menikmati pusat pande besi, kuliner hingga budaya.

“Sementara ini karena baru diluncurkan hanya di hari Minggu Pon. Tetapi kedepan ini baru kita koordinasikan bagaimana kalau tidak hanya sebulan sekali, ” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Nugroho Eko Setyanto mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi tentang kegiatan tersebut. Gerobak merupakan aset di Kabupaten Bantul. Sedang paguyuban telah melakukan kegiatan rutin di Lapangan Jodog.

“Hal ini merupakan salah satu upaya melestarikan gerobak sebagai salah satu transportasi tradisional sebagai hasil karya budaya yang memang harus tetap kita lestarikan,” ujarnya.

Gerobak sekarang mempunyai fungsi yang lebih dari pada dulu. Dulu hanya sebagai alat transportasi, tetapi saat ini dengan keunikan merupakan potensi untuk menambah semaraknya pariwisata di Kabupaten Bantul.

“Kami berharap tempat-tempat lain yang ada destinasi wisata bisa mengundang rekan-rekan komunitas gerobak, ” ujarnya.

Ketua Paguyuban Gerobak Sapi Guyup Rukun Kabupaten Bantul, Isdiyana mengatakan, setiap Minggu Pon paguyuban gerobak sapi berkumpul di Lapangan Jodog. Keseluruhan jumlah gerobak dalam wadah paguyuban mencapai 50. Oleh karena itu jika sewaktu-waktu dibutuhkan sudah siap.

 krjogja.com


BERITA TERKAIT