7 Tempat Wisata Paling Hits Buat Ngabuburit di Yogyakarta
KRJOGJA.COM | 20/04/2022 16:00
7 Tempat Wisata Paling Hits Buat Ngabuburit di Yogyakarta

YOGYA, KRJOGJA.com – Tradisi Ngabuburit menrupakan salah satu hal yang saat ini menjadi umum bagi masyarakat dan bisa ditemukan di banyak tempat. Ngabuburit sendiri berasal dari Bahasa sunda (suku asli Jawa Barat) yang berarti bersantai-santai sembari menjelang buka puasa. Suatu kegiatan ngabuburit yang paling umum dilakukan di Indonesia adalah berburu takjil. Hal ini sebenarnya adalah kosakata yang berasal dari Arab dengan makna “menyegarkan”. Namun, seiring berjalannya waktu, takjil bergeser menjadi sebuah makna makanan yang biasa disajikan sebagai kudapan berbuka puasa.

Kota Pelajar memang surganya tempat wisata asyik dan kuliner lezat. Maka, tak heran jika kota ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, termasuk saat bulan Ramadan.

Ada beberapa tempat wisata yang tiap tahunnya selalu ramai dan menjadi favorit banyak orang untuk ngabuburit. Simak selengkapnya di sini:

1. Malioboro
Berkunjung ke Yogyakarta kurang afdol rasanya jika tak mampir ke kawasan Malioboro. Dari masa ke masa, kawasan Jalan Malioboro memang menjadi kawasan favorit untuk ngabuburit di Yogya. Kamu akan menemukan berbagai macam kios makanan tradisional hingga modern, toko oleh-oleh mulai dari makanan hingga baju, juga beberapa spot foto menarik di sini.

Ngabuburit pun jadi makin asyik sambil membeli takjil serta belanja barang-barang yang unik di sini. Suasananya yang eksotik dan Jawa banget, dijamin bikin kamu betah jalan kaki di Malioboro!

2. Titik Nol Kilometer Yogya
Titik Nol Kilometer Yogya menjadi salah satu tempat yang selalu ramai oleh pengunjung, baik lokal maupun dari luar daerah, terutama saat bulan Ramadan.

Banyak aneka jajanan takjil lezat yang di jual di sepanjang jalan sebagai menu untuk berbuka puasa. Selain makanan, ada juga spot foto yang menarik bagi kamu yang hobi hunting foto dan update status di sosial media. Asyik banget, kan?

3. Kaliurang

Kaliurang menggeliat, setelah hampir dua tahun mati suri diiterjang pandemi. Kali ini Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bekerjasama dengan pelaku ekonomi kreatif di kawasan wisata Kaliurang menggelar Festival Ramadan Kaliurang, 15 April-1 Mei mendatang. Seru, sebab di sini pengunjung bisa menikmati berbagai jajanan dan kemeriahan acara lainnya.

Festival Ramadhan Kaliurang merupakan event bersama antara seluruh elemen pelaku wisata di kawasan Kaliurang dan Dinas Pariwisata Sleman yang di dalamnya juga terdapat Pasar Takjil Kaliurang yang diikuti oleh sub sektor kuliner dan fashion dari pelaku UMKM kawasan wisata Kaliurang dan beberapa brand yang cukup mempunyai nama.

Pasar Takjil Kaliurang berlangsung dari tanggal 25 April sampai dengan 1 Mei 2022, bertempat di lapangan parkir Tlogoputri. Dalam event Pasar Takjil Kaliurang ini selain menu-menu Beukenhof Restaurant dari Museum Ullen Sentalu, sejumlah hotel bintang akan menyuguhkan atraksi live cooking takjil Ramadan dari chef andalan masing-masing.

4. Tebing Breksi
Even Pasar Raya Ramadhan yang akan dilaksanakan di kawasan Tebing Breksi oleh pengelola obyek taman wisata ini dilakukan guna menyambut datangnya bulan Ramadhan. Beberapa para pegiat ekonomi kreatif dan UMKM yang berada di Desa Sambirejo ikut terlibat.

Menariknya kegiatan Pasar Raya Ramadhan di sini, keluarga bisa berwisata sekaligus bisa menanti saat-saat berbuka puasa dengan sajian-sajian makanan dan atraksi yang akan ada di dalamnya.

Para Wisatawan dan warga sekitar dapat merasakan pengalaman Ngabuburit atau menunggu jam buka puasa sembari menyaksikan pertujunkan musik. Menikmati makanan dan minuman tradisional hasil UMKM warga Desa Sambirejo untuk berbuka puasa. Makanan dan minuman yang dijual rencananya adalah makanan dan minuman tradisional berupa jajanan pasar dan minuman khas bulan Ramadhan. Cara bayar pun akan dibuar unik karena menggunakan koin kayu yang bisa di dapatkan di stand penukaran koin yang tersedia di lokasi pasar raya Ramadhan.

Acara Pasaraya Ramadhan sendiri akan diadakan pada 5 April – 1 Mei 2022 pukul 16.00 – 22.00 WIB setiap hari.

 

krjogja.com


BERITA TERKAIT