Ribuan Pesepeda Siap Ikuti Tour de Prambanan 2022
KRJOGJA.COM | 28/07/2022 10:00
Ribuan Pesepeda Siap Ikuti Tour de Prambanan 2022
Pembalap sepeda berusaha menaklukkan tanjakan Gunung Ijen pada kejuaraan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITDBI) di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu, 29 September 2018. ANTARA/Budi Candra Setya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Ribuan pesepeda dari dalam dan luar negeri siap unjuk kekuatan pada ajang Tour de Prambanan 2022 yang akan digelar, Sabtu (30/07/2022). Dalam event ini, para peserta akan menjelajahi rute sepanjang 128 km dengan suguhan keindahan alam yang ada di tiga kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yakni Sleman, Kulonprogo, dan Bantul.


Kegiatan yang merupakan hasil kolaborasi bersama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman melalui Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS), Ganefo Olympic Center (GOC) dan Pengurus Daerah ISSI DIY ini setidaknya diikuti peserta dari 3 negara dari luar negeri, yakni Jepang, Belanda dan Jerman. Selain itu, ribuan peserta lainnya berasal dari 85 kota di Indonesia.

Saat ini pendaftaran kegiatan ini sudah mencapai 1.270 peserta yang berasal dari 208 Komunitas Balap sepeda dari seluruh Indonesia seperti, seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, Semarang, Balikpapan, Riau, Medan, Bali, Papua, Madiun, Madura, Surabaya, Kediri, Denpasar, Klaten, Jepara, Toli-toli, Pangkalpinang, Cilacap, Rembang, Kebumen, Purwokerto, Bekasi, Kendari, Palembang, Tegal, Banten, Ngawi, Samarinda, Solo, Boyolali dan lain-lain.

“Tour de Prambanan 2022 kali ini merupakan agenda kegiatan tahunan yang setelah dua tahun vakum akibat Pandemi Covid-19 akhirnya akan terselenggara kembali. Untuk tahun ini, Tour de Prambanan mengusung tema Jogja Bisa! yang merupakan rangkaian gelaran Road to Porda XVI dan Peparda III DIY yang akan diselenggarakan 1-9 September mendatang,” terang Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Sleman, Kus Endarto SE Mec Dev kepada wartawan di The Jayakarta Hotel, Rabu (27/07/2022).

Dalam Tour de Prambanan 2022 yang sudah memasuki edisi keempat ini, pelaksanaan tetap terfokus di kawasan Candi Prambanan. Rencananya untuk start dan finish dilaksanakan di Lapangan Siwa Candi Prambanan oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan GKR Bendara selaku Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) DIY.

Pada Tour de Prambanan 2022, perubahan jarak tempuh dilakukan oleh panitian, dari sebelumnya pada edisi pertama dan kedua sejauh 100 km dan edisi ketiga 115 km menjadi 128 km. “Selain jarak, pelaksanaan event juga dilangsungkan pada hari Sabtu bukan Minggu, dengan harapan mampu mendorong masa tinggal kunjungan wisatawan yang lebih panjang,” jelasnya.

Lebih lanjut Ketua Umum Ganefo Olympic Center (GOC) Syukron Arif Muttaqin SE MAP selaku Lembaga Pendidikan Olahraga yang didukung oleh Kemenpora mengatakan, ajang ini pastinya dapat menggali potensi bibit atlet balap sepeda di DIY. “Selain menggali potensi, ajang ini juga sekaligus menyediakan wahana tanding untuk para atlet sepeda road bike di DIY yang diwakili oleh ISSI masing-masing Kabupaten dan Kota di DIY untuk ditandingkan bersama atlet-atlet balap sepeda dari seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Umum Pengda ISSI DIY, Abdul Rahman mengatakan, selain bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata DIY sebagai destinasi ‘Sport Tourism’ kelas dunia, aura kompetisi di ajang ini tetap dikedepankan. “Di ajang yang dibagi dalam dua kategori, yakni race dan non race ini, kami juga selenggarakan lomba King dan Queen of Mountain dengan jarak tempuh kelas race sejauh 10 km,” jelasnya.

 

**


BERITA TERKAIT