75 Biro Wisata Tawarkan Paket Pariwisata Salatiga Kita
KRJOGJA.COM | 17/11/2022 10:40
75 Biro Wisata Tawarkan Paket Pariwisata Salatiga Kita
Warga melintas di sekitar gerbang tol Salatiga yang berlatar belakang gunung Merbabu di Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah. Gerbang tol Salatiga yang menjadi poros keluar dan masuk kendaraan dari Salatiga-Bawen tersebut memiliki "magnet" keindahan pemandangan gunung dan persawahan di sekitarnya. ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Krjogja.com - SALATIGA - Puluhan biro wisata dari berbagai daerah bakal hadir di Kota Salatiga yang dikemas Travel Mart untuk menjual Salatiga dalam program Salatiga Kita.

Kegiatan ini kerjasama antara Travel Mart dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Salatiga, selama beberapa hari. Sebanyak 75 biro wisata berada di Salatiga dan memetakan Salatiga untuk bisa dijual untuk paket pariwisata. 

“Tidak kurang 75 biro wisata sebagai peserta travel mart akan berada di Salatiga untuk ikut membantu dan menjual pariwisata Salatiga dalam paket wisata,” jelas Ketua Panitia Penyelenggara Travel Mart Salatiga Kita, Dewi kepada wartawan, Rabu (16/11/2022).

Dewi juga menjelaskan dari pengamatan pihak travel mart, Kota Salatiga selama ini dalam dunia pariwisata masih belum menggeliat dan masih sebatas menjadi kota transit bukan Kota Stay (tinggal).

Sebab itu, travel mart mengundang 75 biro wisata datang ke Salatiga dan ikut membantu ‘menjual’ Salatiga ke paket wisata sehingga ke depan lebih maju. “Selama ini Salatiga masih sebatas kota transit saja, kami ingin mengubah Salatiga menjadi kota stay pariwisata,” jelas Dewi.

Ia mengungkapkan biro wisata yang sudah konfirmasi untuk hadir di Salatiga berasal dari Jakarta, Cirebon, sejumlah biro wisata di pantura, Yogyakarta, Probolinggo dan beberapa daerah di Jatim serta dari Denpasar Bali juga hadir di Salatiga.

“Kalau tidak berbarengan dengan Muktamar Muhammadiyah di Solo, mereka akan lebih banyak ke Salatiga,  travel mart di Salatiga merupakan yang pertama dilaksanakan,” kata Dewi di lobi Kantor Walikota Salatiga.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Salatiga, Valentino T Haribowo mengatakan langkah ini untuk mengangkat Salatiga naik menjadi Kota Pariwisata yang handal di Jateng, mulai dari kuliner, budaya, dan gastronomi.

 “Program Salatiga Kita ini untuk bersama membangkitkan ekonomi pasca pandemi covid 19 melalui sektor pariwisata,”  kata Valentino.

Menurutnya, pihak Disbudpar dalam acara ini juga menggandeng puluhan UMKM untuk bergabung dalam kegiatan Salatiga Kita dan Travel Mart sehingga mereka bisa ikut menyuguhkan produknya saat puluhan biro wisata keliling Salatiga.

“Kami juga menggandeng UMKM. Banyak kegiatan digelar sampai Minggu (20/11/2022),” katanya.

 

**