KM Sirimau Jadi Tempat Isolasi Terpusat Covid-19 selama PON XX
METROMERAUKE.COM | 25/09/2021 15:04
KM Sirimau Jadi Tempat Isolasi Terpusat Covid-19 selama PON XX
Kapal Pelni (pelni.co.id)

Metro Merauke – Pemerintah sudah meyiapkan satu kapal Pelni sebagai tempat isolasi terpusat selama PON XX di Merauke. Penegasan itu dikatakan langsung Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat melakukan penijauan kesiapan Merauke jelang PON XX, Sabtu (25/9/2021).

Menurut Menhub, dipilihnya kapal Pelni sebagai alternatif tempat isolasi tepusat bagi pasien Covid-19, pasalnya, agar hotel yang selama ini digunakan sebagai tempat isolasi, dapat kembali dipulihkan dan digunakan mendukung kebutuhan akomodasi PON di daerah.

“Kita siapkan kapal untuk isolasi terpusat berkapasitas 300 orang. Fungsinya, kalau ada yang terpapar, baik itu atlet maupun ofisial, akan menjalani isolasi gunakan kapal,” kata Menteri Budi Karya kepada wartawan usai melakukan peninjauan Stadion Katalpal Merauke.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengungkapkan, dalam beberapa waktu terakhir trend penyebaran Covid-19 di Merauke tercatat mulai jauh berkurang.

Bupati menilai, kondisi penurunan jumlah penderita Covid-19 tidak terlepas karena tingginya kesadaran masyarakat, disiplin terapkan protokol kesehatan maupun antusias untuk menerima vaksin Covid-19.

“Covid di Merauke sudah turun, ini karena kesadaran masyarakat Merauke yang luar biasa dan perlu kita apresiasi. Ini juga hasil dari kerja keras berbagai instansi yang bersama-sama gencar melakukan serbuan vaksinasi dan disambut baik masyarakat,” tutunya.

Saat menyambut kedatangan Menhub dan rombongan di Merauke, Bupati Romanus menyampaikan terima kasih, sebab pemerintah pusat terus mendukung kemajuan daerah dengan berbagai program, baik dari sisi perhubungan udara, laut, dan darat.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Merauke, Fransiskus Anggawen menjelaskan, satu kapal Pelni, KM Sirimau disiapkan sebagai tempat isolasi terpusat Covid-19. Saat ini, lanjutnya kapal berkapasitas ratusan penumpang itu tengah dalam perjalanan dari Sorong menuju Merauke.

“Tanggal 27 September KM Sirimau tiba di Merauke dan langsung disiapkan sebagai isoter Covid-19 selama PON,” terangnya. 

metromerauke.com


BERITA TERKAIT