Disparbud Kota Jambi Siapkan Sejumlah Kampung Bantar Jadi Destinasi Wisata
JAMBERITA.COM | 16/09/2021 16:34
Disparbud Kota Jambi Siapkan Sejumlah Kampung Bantar Jadi Destinasi Wisata
Kawasan Sosrowijayan Yogyakarta, salah satu kampung wisata yang banyak dikunjungi turis mancanegara di. TEMPO/Pribadi Wicaksono

JAMBERITA.COM - Destinasi wisata di Kota Jambi akan kembali ditambah. Pasalnya pemerintah Kota Jambi akan membuat kampung wisata, yang saat ini sedang tahap sosialisasi. Kampung bantar yang ada akan dikelola dan dipilih untuk dijadikan kampung wisata.

"Kenapa dari Kampung bantar yang menjadi kampung wisata karena tinggal memberikan sentuhan. Kampung Bantar sendiri sudah dikelola," ujar Nanang Sunarya, Kabid Daya Tarik Destinasi Wisata Disparbud Kota Jambi.

Nanang menjelaskan, untuk kampung wisata sendiri akan difokuskan kepada penataannya, sehingga kampung tersebut menjadi lebih indah. 

"Fokus adalah mendesain revitalisasi kampung bantar menjadi kampung wisata bagaimana penataan artistiknya," kata dia.

Selain itu, yang menjadi tujuan utamanya adalah pemberdayaan UMKM khususnya bagi masyarakat di kampung tersebut. Maka kuliner akan menjadi salah satu potensi.

"Kita juga kenalkan materi digital marketing dan promo secara digital," ujarnya.

Setidaknya ada 35 kampung bantar yang mendapatkan sosialisasi dari Disparbud Kota Jambi. Nantinya, kampung-kampung yang berpotensi menjadi kampung wisata akan mendapatkan pembinaan khusus dari Disparbud Kota Jambi. 


BERITA TERKAIT