Angin Putar di Bandara Pattimura, Sejumlah Pesawat Batal Mendarat, Pesawat dialihkan ke Sorong dan Balik Makassar
TERASMALUKU.COM | 14/06/2021 17:24
Angin Putar di Bandara Pattimura, Sejumlah Pesawat Batal Mendarat, Pesawat dialihkan ke Sorong dan Balik Makassar
Ilustrasi pesawat komersil parkir di bandara. REUTERS/Ivan Alvarado

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Sejumlah penerbangan batal mendarat di Bandara Pattimura Ambon Senin (14/6/2021) pagi akibat cuaca buruk.

Diantaranya pesawat Batik dengan nomor penerbangan ID-6170 dari Jakarta terpaksa balik ke Makassar.

Sementara itu Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT0880Q juga batal mendarat di Bandara Pattimura. Pesawat dialihakan ke Bandara Domine Eduard Osok Sorong, Papua Barat.

Pesawat JT 0880Q yang terbang tepat waktu yakni 04.20 WITA dari Bandara Hasanuddin Makassar seharusnya tiba di Bandara Pattimura Ambon pukul 07.00 WIT.

Namun menurut Captain Senior Pilot Lion Air Hilman Hendra Ningrat, kondisi cuaca di Bandara Pattimura Ambon tidak memungkinkan untuk mendarat. Maka penerbangan terpaksa dialihkan ke bandara terdekat.

“Kondisi cuaca tidak memungkinkan karena adanya angin putar maka pesawat terpaksa harus dialihkan ke Sorong,” demikian pengumuman kapten kepada penumpang pesawat.

Menurut Insany, salah seorang penumpang, pesawat sempat berputar di atas Bandara Pattimura selama sekitar 30 menit namun kemudian kapten memutuskan tidak jadi mendarat di Ambon.

“Sejumlah penumpang sempat kaget karena pesawat tidak jadi mendarat, namun tidak ada kepanikan, semua penumpang tenang dan mengikuti permintaan kapten untuk tenang,” jelas Insany.

Otoritas Bandara Pattimura Ambon menyebutkan Selain Batik dan Lion yang batal mendarat, pesawat Wings Air rute Langgur-Ambon juga dialihkan penerbangannya ke Sorong akibat cuaca buruk.

Sementara itu pesawat Garuda dari Makassar mendarat sekitar pukul 08.30 WIT.

terasmaluku.com