Bupati Seram Bagian Barat Meninggal, RSUP Ambon : Bupati Positif Covid
TERASMALUKU.COM | 01/08/2021 17:08
Bupati Seram Bagian Barat Meninggal, RSUP Ambon : Bupati Positif Covid
WHO: Dunia Masuki Gelombang Infeksi Covid-19 yang Baru

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pihak RSUP dr. Johanes Leimena Ambon membenarkan Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Muhammad Yasin Payapo positif terpapar Covid-19 sebelum menghembuskan nafas terakhir di kediaman pribadi di kawasan Galunggung, Desa Batu Merah, Kota Ambon, Minggu siang.

Ini disampaikan Direktur Medik RSUP Ambon, dr. Yan Aslian Noor di Ambon, Minggu (1/8/2021) sore.

Dijelaskan dr. Yan Aslian Noor, Bupati diketahui terpapar Covid berdasarkan hasil pemeriksaan Rapid Tes Antigen.

Bupati Yasin Payapo dirapid antigen pada 31 Agustus 2021 Sabtu malam saat masuk di RSUP Ambon sebagaimana protokol yang terapkan ketika pasien masuk akan diskrining dengan cara dilakukan pemeriksaan Rapid Antigen.

“Waktu pulang beliau (Bupati) positif Covid dengan pemeriksaan Rapid Test Antigen,”ungkapnya didampingi Direktur Utama RSUP dr. Johanes Leimena Ambon, dr. Celestinus Eigya Munthe dan dokter spesialis paru dr. Vebiyanti Tentua di RSUP Ambon Minggu sore.

Padahal kata Noor menambahkan, rencananya Minggu hari ini akan dilakukan pengambilan swab untuk diperiksa secara PCR, namun Bupati sudah terlanjur dibawa pulang ke rumah.

Alasan sehingga pengambilan swab tidak langsung dilakukan pada Sabtu malam kemarin lanjut Noor, dikarenakan lab PCR tutup.

“Pada waktu datang itu malam minggu sekitar pukul sembilan malam, itu mau tes PCr tidak mungkin ya karena tidak ada yang buka, jadi kita akan lakukan PCR itu rencana besoknya (Minggu pagi) tapi sudah dibawah pulang,” terangnya.

Ditanyai proses pemulasaran jenazah Bupati mengingat hasil rapid antigennya positif Covid, pihak RSUP Ambon mengatakan mengingat Bupati sudah dipulangkan ke rumah, maka untuk hal ini RSUP Ambon sudah berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku.

“Kita sudah koordinasikan dengan Satgas terkait hal ini, Satgas Covid Maluku,” kata Direktur Utama RSUP dr. Johanes Leimena Ambon, dr. Celestinus Eigya Munthe menambahkan.

Begitu juga mengenai pemakanan, kata Celestinus, diharapkan dimakamkan dengan protokol Covid-19. “Kita menghimbau tentunya maka pemakamannya akan dilakukan dengan tata cara covid,” tandasnya.

terasmaluku.com


BERITA TERKAIT