800 Pesepeda Daftar Tour de Bintan, Plt Kepala Dinas Klaim Pariwisata di Kepri Sudah Pulih
HARIANKEPRI.COM | 29/09/2022 17:44
800 Pesepeda Daftar Tour de Bintan, Plt Kepala Dinas Klaim Pariwisata di Kepri Sudah Pulih
Tour de Bintan 2020, langkah efektif mempromosikan pariwisata Kepri. Dok. Kemenparekraf

TANJUGPINANG (HAKA) – Kejuaraan Balap Sepeda Internasional Tour de Bintan akan berlangsung pada 14 – 16 Oktober 2022 mendatang. Saat ini, 800 peserta baik dari dalam maupun luar negeri, sudah memastikan diri untuk ikut dalam event tersebut.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau (Kepri), Luki Zaiman Prawira menyampaikan, dari 800 orang peserta tersebut didominasi dari peserta mancanegara yang berasal dari 35 kewarganegaraan.

“Seperti Singapura, Malaysia, Jepang, Amerika, Inggris dan seterusnya,
dan tentunya ada juga peserta dari Indonesia. Seperti dari Jakarta, Bintan, dan juga Batam, katanya, Selasa (27/9/2022).

Luki menuturkan, tingginya animo peserta dari mancanegara untuk mengikuti event ini, menunjukkan, bahwa saat ini dunia pariwisata di Kepri khususnya di Kabupaten Bintan sudah mulai pulih.

“Ini menunjukkan kepada dunia bahwa aktivitas pariwisata di Kepri khususnya di Bintan sudah pulih. Sudah pulih, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Pihaknya pun berharap, Tour de Bintan yang sempat vakum selama dua tahun ini, akan memberikan dampak yang positif terhadap perekonomian, baik di Kabupaten Bintan maupun di Kota Tanjungpinang.

“Karena ketika mereka (peserta dan wisman) datang, mereka akan menginap di Lagoi dan Tanjungpinang. Tentunya itu akan memberikan trickle-down effect, baik itu penginapan, transportasi, makan minum dan lainnya. Termasuk masyarakat kita, yang tentunya akan dapat menikmati hiburan dari Tour de Bintan tersebut,” paparnya.

Pemerintah juga sambungnya, pada 15 Oktober 2022 melalui Dekranasda Kepri dan Dekranasda Kabupaten Bintan akan melaksanakan pameran ekonomi kreatif yang dipusatkan di Simpang Lagoi.

“Tentunya, itu juga akan menjadi ajang untuk mempromosikan produk-produk lokal kepada peserta, wisatawan, dan juga kepada masyarakat lokal,” katanya.

Luki melanjutkan, agar event ini dapat berjalan sukses dan tidak mengalami hambatan. Saat ini Pemprov Kepri tengah melakukan sejumlah penataan jalan yang nantinya akan menjadi rute pelaksanaan Tour de Bintan tersebut.

“Ini untuk memberikan kenyamanan bagi pebalap tersebut dan tentunya nanti dapat juga dimanfaatkan oleh masyarakat kita,” sebutnya.

Sebagai informasi, ada tiga kategori perlombaan dalam event Tour de Bintan. Yakni, kategori Individual Time Trial dengan rute sepanjang 17 Km, Grand Fondo Classic dengan menempuh rute sepanjang 132/142 Km, Grand Fondo Century 122 Km, Grand Fondo Challenge 82 Km, dan Grand Fondo Discovery yang menempuh rute sepanjang 52 Km.

 

 Harian Kepri.


BERITA TERKAIT