11 Anak Gimbal Bakal Diruwat di Dieng Culture Festival 2018
SATELITPOST.COM | 03/08/2018 16:10
11 Anak Gimbal Bakal Diruwat di Dieng Culture Festival 2018
RITUAL pemotongan rambut bocah bajang atau anak berambut gimbal di Dieng Culture Festival (DCF) tahun 2017 lalu. SATELITPOST

BANJARNEGARA, SATELITPOST – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Dwi Suryanto mengatakan, tahun ini sedikitnya ada 11 bocah bajang atau anak berambut gimbal yang akan diruwat dalam DCF 2018.

Pada perhelatan DCF, semua permintaan anak berambut gimbal bakal dipenuhi oleh pantia. Sehingga, selain untuk pariwisata juga dimaksudkan untuk sosial. Mengingat, tidak jarang anak berambut gimbal lahir dari keluarga kurang mampu.

Baca Juga: Rangkaian Dieng Culture Festival 2018, dari Bersih-Bersih Hingga Beragam Festival

“Jadi sejak dia menyebutkan permintaan, tidak berubah. Misalnya minta sepeda warna pink, tidak mau jika diubah menjadi warna merah,” katanya.

Ia mencontohkan permintaan Fitria Nur Rahmadzani (7), anak gimbal dari Wonokerso, Wonosobo. Ia meminta tempe gembus, burung kenari, dan payung. Berbeda dengan Mysha Kirana Saputra (5). Bocah bajang asal Selomerto, Wonosobo ini justru meminta Enthok tiga ekor dan sepasang sepatu roda.

“Permintaannya beragam, dan harus dipenuhi saat diruwat. Agar rambut gimbal pada anak tersebut, tidak tumbuh lagi setelah dicukur,” katanya. (adv/maula)

SATELITPOST.COM


BERITA TERKAIT