Akhir Oktober 2021, Citilink Buka Penerbangan di Bandara Ngloram
SUARABANYUURIP.COM | 04/10/2021 12:25
Akhir Oktober 2021, Citilink Buka Penerbangan di Bandara Ngloram
Akhir Oktober 2021, Citilink Buka Penerbangan di Bandara Ngloram

SuaraBanyuurip.com -  Blora - Maskapai penerbangan Citilink tidak lama lagi bakal membuka penerbangan di Bandara Ngloram, Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah. Pembukaan penerbangan direncanakan pada akhir Oktober 2021. Rute yang akan dibuka dari Halim Perdana Kusuma Jakarta menuju Bandara Ngloram Cepu Blora, dan sebaliknya. 

 Kepastian pembukaan penerbangan Citilink di Bandara Ngloram tersebut setelah Bupati Blora, Blora Arief Rohman bertemu Direktur PT Citilink, Benny Rustanto, di Jakarta, Sabtu (2/10/2021) kemarin. 

“Kemarin kita bersama Bu Wakil Bupati, Ketua DPRD, Pak Ariadi Widiawan Kepala Bandara Ngloram, ada juga Kasatker Bandara, bertemu dengan Direktur Citilink di Jakarta. Beliau ini mbah-mbahnya adalah orang Blora, keturunan Blora. Setelah diskusi dan lobi-lobi beberapa saat kemudian kita sepakat pembukaan penerbangan Citilink akan dilakukan akhir bulan ini. Kemarin kita pilih tanggal 29 Oktober 2021, hari Jumat,” tutur Bupati Arief, Minggu (3/10/2021). 

Dari pertemuan tersebut, lanjut Bupati Arief, Pemkab dengan manajemen Citilink akan segera melakukan pembahasan tindak lanjut untuk menyiapkan tahapan pembukaan penerbangan di Bandara Ngloram.

“Akan kita matangkan draft atau konsep MoU nya dengan Citilink, agar nanti pembukaan penerbangan perdana di Bandara Ngloram bisa berjalan lancar," harapnya. 

Rute awal yang akan dibuka dalam penerbangan perdana Citilink adalah dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta menuju Bandara Ngloram Cepu Blora, dan sebaliknya. Namun, tidak menutup kemungkinan akan membuka rute lainnya sambil menunggu perkembangan penumpang.

“Sedangkan untuk kepastian jadwal penerbangan dan harga tiketnya sedang kita bahas bersama. Yang jelas kita upayakan terjangkau dan layak untuk masyarakat umum,” tambah Bupati Arief. 

Menurutnya, saat ini sudah banyak para diaspora Kabupaten Blora, para alumni Blora dan alumni Cepu yang menanyakan kapan pembukaan Bandara Ngloram dimulai. 

“Oleh sebab itu ini kita matangkan dahulu dengan Citilink. Kita ingin agar bandara bisa beroperasi terlebih dahulu sebelum diresmikan oleh Pak Presiden di akhir tahun, sejalan dengan masukan Pak Sesditjen Perhubungan Udara, yang Jumat lalu kita temui di Kementerian Perhubungan,” bebernya. 

Bupati yakin Bandara Ngloram di Kecamatan Cepu ini akan hidup sebagai pintu gerbang pertumbungan ekonomi dan investasi Kabupaten Bupaten Blora, bersama wilayah sekitarnya seperti Bojonegoro, Tuban, Rembang, Ngawi, dan Grobogan. 

Dihubungi terpisah, Kepala Bandara Ngloram Ariadi Widiawan menyampaikan, pertemuan Bupati Blora, Direktur Niaga dan Kepala Bandara di Jakarta telah memberikan hasil yang cukup signifikan. Yakni tentang titik terang beroperasinya bandara. Namun Citilink akan mempersiapkan hal-hal teknis dan non teknisnya sebelum penerbangan dibuka. 

"InsyaAllah, alhamdulillah, rencana awal citilink akan terbang seminggu dua kali, hari Senin dan Jumat," ujarnya.  

Jika pasarnya memungkinkan, lanjut Ariadi, bisa dilakukan setiap hari. Untuk tiket pesawat antara Rp800 sampai dengan Rp900 ribu-an.  

"Semoga dapat teralisasi," harapnya. 

Ariadi menambahkan, panjang landasan Bandara Ngloram sekarang ini mencapai 1.500x30 meter untuk ATR 72 600. Sedangkan untuk terminal dalam tahap penyelesaian fasilitas termasuk jalan masuk.(ams)

 


BERITA TERKAIT