Wisata Edukasi Pejambon Bojonegoro, Wahana Liburan untuk Keluarga
SUARABANYUURIP.COM | 10/07/2022 16:00
Wisata Edukasi Pejambon Bojonegoro, Wahana Liburan untuk Keluarga

SuaraBanyuurip.com – Desa Pejambon merupakan salah satu desa di Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Desa yang terletak di bagian timur, atau sekitar 20 kilo meter dari Ibukota kabupaten, ini memiliki destinasi wisata edukasi pejambon (WEP) yang dilengkapi sejumlah wahana, serupa Pujon Kidul Malang.

Desa Pejambon, awalnya, hanya sebuah desa biasa sama halnya demgan desa-desa lain di Bumi Angkling Dharma – sebutan lain Bojonegoro. Desa yang memiliki luas wilayah 190 hektar (Ha) dengan jumlah penduduk sebanyak 2.122 jiwa itu berhasil menjuari Lomba Desa Tranformatif Tahun 2018 dan berhasil menjadi Juara Nasional kategori Pelayanan Publik dan mendapatkan apresiasi berupa bantuan keuangan untuk pembangunan ekonomi desa dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melalui program PIID PEL bersama 100 Desa terpilih di Indonesia.

Dari situlah Desa Pejambon kemudian membangun destinasi WEP. Sejumlah wahana dibangun di tempat rekreasi ini untuk memberikan kenyamanan dan kesenangan wisatawan.

Wisata Edukasi Pejambon sediakan kolam renang bagi wisatawan.(ist)

Destinasi WEP cocok menjadi tujuan wisata bagi keluarga pada waktu liburan. Karena tempat ini mudah dijangkau menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Karena jalan menuju lokasi wisata ini telah di rigid beton.

Bagi pengunjung dari arah Surabaya bisa mengambil jurusan Bojonegoro. Sesampainya di perempatan pondok pesantren (Ponpes) Attanwir Desa Talun, bisa mengambil arah ke kiri sekitar lima kilo meter. Begitu juga sebaliknya, pengunjung dari arah Bojonegoro bisa mengambil arah tujuan ke Surabaya.

Pengunjung bakal disuguhi area pemandangan persawahan dan rerimbun pepohonan di sepanjang jalan dengan udara sejuk alam pedesaan sambil menikmati sejumlah wahana yang disediakan WEP. Yaitu Taman “BESTARI” (Bersih Sehat Tertata Rapi), Museum Pertanian, Kebun Binatang Mini (Mini Zoo), wisata Tengah Sawah, Wisata Pelestarian Budaya, Replika Rumah Majapahit, kolam renang, dan Wahana ATV di Area Taman. Wisatawan dapat menikmati wahana dengan biaya masuk sebesar Rp10.000 rupiah.

1. TAMAN BESTARI

Jalan setapak dari kayu yang dibangun di area wisata edukasi pejambon untuk wisatawan menikmati suasana alam pedesaan.(ist)

Nama Taman Desa bestari adalah kepanjangan dari kata “ Bersih sehat tertata rapi “ merupakan gambaran wujud semangat dari masyarakat dan pemerintah Desa Pejambon dalam mewujudkan tempat indah. Harapannya taman ini menjadi tempat liburan bagi masyarakat Desa Pejambon dan sekitarnya, yang pada akhirnya dapat mengundang para warga untuk datang ke Taman Desa Bestari. Sehingga memunculkan usaha-usaha kecil di sekitar lokasi taman dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Desa Pejambon.

2. MUSEUM PERTANIAN
Menteri Desa PDT Abdul Halim Iskandar melihat museum pertanian di wisata edukasi pejambon.(ist)

Museum ini diharapakan menjadi wisata edukasi bagi masyarakat sekitar Desa Pejambon khususnya anak-anak didik atau siswa sekolah agar mengetahui bahwa pada jaman dahulu ada alat-alat pertanian yang sekarang telah banyak yang tidak terpakai akibat perkembangan zaman dan tergerus alat alat mesin.

Ternyata konsep pengadaan museum pertanian ini mendapat sambutan dari masyarakat. Sisa-sisa peralatan pertanian tempo dulu yang masih berada di masyarakat Desa Pejambon disumbangkan kepada kelompok sadar wisata agar dijadikan wisata edukasi ( pendidikan ).

3. MINI ZOO (Kebun Binatang Mini)

Konsepnya memang tidak banyak binatang sebagai penghuni dari Mini Zoo desa Pejambon. Namun paling tidak kehadiran wiata ini mampu memberi warna beda karena kebun binatang yang kita kenal selama ini hanya berada di kota Surabaya, Tulungagung, dan Lamongan. Diharapkan Minizoo Desa Pejambon hadir mewakili keinginan masyarakat sekitar Bojonegoro, agar tidak jauh jauh harus datang ke kota tersebut cukup berwisata ke desa Pejambon sambil menikmati Tatanan Desa yang berkonsep Terbuka

4. WISATA PELESTARIAN BUDAYA

Kegiatan seni dan budaya di Sanggar Sastrowidjoyo. (Ist)

Bersama sanggar sastrowidjoyo Desa Pejambon kelompok sadar wisata bekerja sama dengan Lembaga Kebudayaan desa membuat wisata seni dan budaya berupa pelsetarian seni dan Budaya yang selama ini telah pelan pelan musnah ditelan majunya peradaban Tekhnologi Informasi.

Wisata ini selain menjadi tempat pelestarian mainan anak anak tempo dulu dan menjadi tempat belajar seni dan tari Sanggar sastrowidjoyo, juga diharapakan menjadi tempat penyambutan bagi para tamu desa atau para wista dari luar Desa Pejambon.

5. REPLIKA RUMAH MAJAPAHIT

Replika Rumah pada Zaman Kerjaan Majapahit.(ist)

Selain taman desa, Musium Pertanian, Mini Zoo, dan sanggar sanggar pelestarian seni dan budaya sastrowijoyo Pemerintah desa melalui Lembaga Kebudayaan Desa dan Kelompok Sadar Wisata, juga berencana membangun Kampung Replika Majapahitan, yang berisikan rumah tempo dulu, masakaan khas Majapahit, barang replika peninggalan kerjaan juga tentunya ada busana-busana tempo dulu pakaian kerajaan Majaphit. Diharapakan Wisata ini memberi edukasi sejarah kepada pada pengunjung.

 

**


BERITA TERKAIT