Pemkab Kobar Akan Patenkan Coto Manggala
BORNEONEWS.CO.ID | 16/07/2021 17:37
Pemkab Kobar Akan Patenkan Coto Manggala
Ilustrasi tempat kuliner legendaris (Pixabay.com)

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai upaya melindungi produk kuliner tradisional khas daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat berencana akan mendaftarkan makanan Coto Manggala menjadi hak paten milik Kobar.

Bupati Kobar Nurhidayah mengungkapkan, hak paten yang akan diajukan untuk kuliner Coto Manggala yang telah memperoleh makanan tradisional terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia (API). Langkah itu sebagai upaya melindungi produk agar tidak klaim oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

"Kita patut bangga, karena Kuliner kita juga mampu bersaing di kancah nasional, untuk itu perlu ada perlindungan agar Coto Manggala tidak diklaim pihak lain," kata Nurhidayah usai melakukan syukuran santap Coto Menggala bersama, secara virtual di halaman Kantor Bupati Kobar, Jumat, 25 Juni 2021.

Nurhidayah menegaskan bahwa kedepan tidak hanya Coto Manggala yang akan dipatenkan. Namun juga produk dan budaya lainnya, sebagai bentuk perlindungan pemerintah terhadap budaya Kobar.

Dia menambahkan, selain akan membuat hak paten Coto Menggala Pemda juga akan membuat regulasi yang membuat satu kewajiban, bagi pengusaha yang berinvestasi di sektor kuliner dan pariwisata serta yang tergabung dalam persatuan hotel restoran Indonesia (PHRI) di Kobar, agar mencantumkan menu Coto Manggala.

Oleh sebab itu, seluruh elemen masyarakat diajak untuk membantu mempromosikan kuliner tersebut, agar semakin populer dan digemari masyarakat Kobar khususnya dan hingga tingkat nasional.

"Kita sebagai masyarakat lokal Kobar harus merasa bangga dan gemar menikmati Coto Manggala, maka nantinya kuliner ini akan semakin dikenal masyarakat luas," pungkasnya.

borneonews.co.id


BERITA TERKAIT