Jembatan Merdeka Puruk Cahu Kini Punya Wajah Baru
BORNEONEWS.CO.ID | 12/09/2022 10:25
Jembatan Merdeka Puruk Cahu Kini Punya Wajah Baru

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Bagi yang pernah berkunjung ke Kabupaten Murung Raya (Mura), mungkin tak asing lagi dengan jembatan Merdeka Murung Raya.

Jembatan Merdeka adalah suatu jembatan ikonik yang melintang di atas Sungai Barito, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah. Jembatan ini memiliki panjang 550 meter dan lebar 7 meter serta memiliki trotoar berukuran 1×2 meter, material bangunan menggunakan beton dan rangka baja.

Jembatan Merdeka Murung Raya saat ini memberi nuansa yang indah, setelah dilakukannya pemeliharaan berupa pengecatan rangka jembatan dan juga diberi lampu penerangan serta lampu hias yang menambah semaraknya pada malam hari, hal ini dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mura Paulus Menginte.

Pemeliharaan dilakukan melalui pengecatan Jembatan dan pemasangan cahaya penerangan warna-warni dengan maksud untuk mempertahankan kondisi jembatan tetap dalam kondisi baik dan semarak.

“Kesan indah tidak hanya terlihat di atas jembatan akan tetapi juga terlihat dari pemandangan dari arah sungai Barito. Ini berkat dukungan semua pihak,” kata Kadis Mura, minggu kemarin saat dikonfirmasi via ponselnya.

Mura juga mengatakan demi semakin indah dan nyaman dilewati Pemerintah Daerah juga merencanakan untuk melakukan pemeliharaan jembatan terhadap jalan yang aspalnya mulai terkelupas.

Tambahnya, Ia juga menilai kondisi jembatan tersebut memang perlu pemeliharaan. Apalagi, jembatan tersebut merupakan jalur vital baik untuk mobilitas masyarakat hingga kegiatan ekonomi masyarakat. 

 

**