Danau Maninjau Diusulkan Jadi Wisata Unggulan Nasional
LANGGAM.ID | 06/03/2021 19:24
Danau Maninjau Diusulkan Jadi Wisata Unggulan Nasional
Pemandangan Danau Maninjau dari Puncak Lawang, Agam, Sumatera Barat. Tempo/Francisca Christy Rosana

Langgam.id – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam mengusulkan objek wisata Danau Maninjau menjadi Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) di tingkat provinsi maupun nasional.

“Kita di Agam usulkan kawasan objek wisata Danau Maninjau, karena ini sudah menjadi kawasan strategis pariwisata di nasional,” kata Kepala Disparpora Agam Syatria, Jumat (5/3/2021).

Menurutnya potensi wisata di kawasan Danau Maninjau sangat besar, baik di sisi alam, kuliner, budaya dan sejarahnya. Bahkan kawasan ini juga kampungnya tokoh-tokoh besar seperti Buya Hamka dan banyak lainnya.

“Ini suatu paket komplit yang bisa diusung menjadi wisata unggulan. Belum lagi ada wacana pembangunan kereta gantung oleh bupati sehingga potensinya jadi semakin besar,” ujarnya.

“Kita tunggu keputusannya baik dari pemerintah provinsi maupun pusat, supaya yang diusulkan ini bisa diwujudkan jadi sebuah pariwisata secara nasional,” sambung Syatria.

Ia mengatakan, secara historis, geografis dan yuridis Danau Maninjau memiliki peluang yang kuat untuk diangkat jadi daerah tujuan wisata berskala nasional. Bahkan sebelum pandemi covid-19 Danau Maninjau juga jadi kawasan kunjungan wisata berskala internasional.

“Tidak hanya itu, Danau Maninjau juga telah ditetapkan secara nasional sebagai Geopark Ngarai Sianok-Maninjau yang sudah masuk Kawasan Cagar Alam Geologi (KCAG),” tutupnya.

langgam.id


BERITA TERKAIT