Berpacu Ajukan Randang ke Unesco, Wagub Audy Singgung Orang Minang di Malaysia
LANGGAM.ID | 09/03/2021 11:45
Berpacu Ajukan Randang ke Unesco, Wagub Audy Singgung Orang Minang di Malaysia
Resep rendang daging. (Saveur.com)

Langgam.id – Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Audy Joinaldy menyatakan mendukung penuh rencana diajukannya kuliner randang sebagai warisan dunia ke Unesco. Dalam pengusulan itu, Indonesia bersaing dengan Malaysia.

“Terkait randang ini kita memang berpacu dengan Malaysia, walaupun di sana orang Minang juga, tapi ini soal marwah bangsa Indonesia,” kata Audy, Senin (8/3/2021).

Hal itu disampaikan Audy dalam Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan (Rakorenbang) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Auditorium Gubernuran. Dalam rapat itu, usalan pengajuan rendang ke Unesco itu disampaikan Pemko Payakumbuh.

Dia mengatakan, rencan pembuatan museum randang juga perlu direalisasikan. Jika tercapai, kata dia, maka museum itu akan jadi yang pertama di dunia.

“Memang harus kita perjuangkan. Apalagi jika memang ada rencana pembuatan museum randang, itu akan menjadi yang pertama di dunia,” ucapnya. 

Pada hari pertama Rakorenbang ini, lima daerah mempresentasikan usulan pembangunannya. Selain Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Bukittingi, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Padang Pariaman juga menyampaikan usulan.

 

langgam.id


BERITA TERKAIT