Tekan Mobilisasi Warga Saat Pandemi, Perjalanan Kereta Api di Sumbar Dikurangi
LANGGAM.ID | 02/08/2021 17:57
Tekan Mobilisasi Warga Saat Pandemi, Perjalanan Kereta Api di Sumbar Dikurangi
Ilustrasi mudik dengan kereta api. ANTARA/Reno Esnir

Langgam.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II Sumatra Barat (Sumbar) mengurangi operasional perjalanan Kereta Api (KA) Minangkabau Ekspres relasi Pulau Aie – Bandara Internasional Minangkabau.

Kebijakan yang mulai diterapkan sejak Minggu (1/8/2021) itu dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam menghambat penyebaran covid-19.

Kepala Humas PT KAI Divre II Sumbar Erlangga Budi Laksono mengungkapkan, perjalanan Kereta Api Minangkabau Ekspres untuk sementara waktu akan mengalami pengurangan enam perjalanan mulai 1 Agustus 2021. Ini sebagai dukungan menghambat penyebaran covid-19.

Kemudian terangnya, setiap pelanggan harus dalam kondisi sehat ,tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam. Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, serta memakai masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut.

“Pelanggan yang tidak memenuhi persyaratan, maka tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan dan tiket akan dikembalikan 100 persen,” katanya.

Agar tercipta jaga jarak ungkap Erlangga, KAI hanya menjual tiket sebanyak 50 persen dari kapasitas maksimal tempat duduk untuk KA Lokal.

“Pelanggan juga tetap wajib mematuhi protokol kesehatan serta menerapkan 3M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak baik saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan,” ucapnya.

Ia menjelaskan, KAI mematuhi dan mendukung penuh seluruh kebijakan pemerintah pada masa pandemi untuk menekan penyebaran covid-19.

Pihaknya juga memohon maaf bila terdapat calon penumpang yang terdampak dalam pengurangan jadwal perjalanan ini.

“Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi mobilisasi masyarakat guna pencegahan penyebaran covid-19 di Indonesia terutama di wilayah Sumbar,” ujarnya.

Daftar Perjalanan KA
Untuk operasional KA Minangkabau Ekspres relasi Pulau Aie – BIM maupun sebaliknya BIM – Pulau Aie mulai hari Minggu (1/8/2021) beroperasi dengan enam perjalanan per hari dari sebelumnya 12 perjalanan.

Daftar Perjalanan KA Yang Berkurang :
– KA Minangkabau Ekspres Relasi Pulau Aie – BIM jadwal keberangkatan pukul 06.15 WIB, 16.00 WIB, dan 18.25 WIB
– KA Minangkabau Ekspres Relasi BIM – Pulau Aie jadwal keberangkatan pukul 07.30 WIB, 17.10 WIB, dan 19.45 WIB

Daftar Perjalanan KA Yang Masih Berjalan :
– KA Minangkabau Ekspres Relasi Pulau Aie – BIM jadwal keberangkatan pukul 08.45 WIB, 11.10 WIB, dan 13.25 WIB
– KA Minangkabau Ekspres Relasi BIM – Pulau Aie jadwal keberangkatan pukul 09.55 WIB, 12.20 WIB, dan 14.40 WIB

 

langgam.id


BERITA TERKAIT