Bunga Rafflesia Arnoldii Mekar di Hutan Nagari Saniangbaka Solok
LANGGAM.ID | 03/11/2021 17:18
Bunga Rafflesia Arnoldii Mekar di Hutan Nagari Saniangbaka Solok

Langgam.id –  Warga Jorong Balai Panjang, Nagari Saniangbaka, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatra Barat (Sumbar) menemukan spesies bunga langka Rafflesia Arnoldii beberapa waktu lalu. Bunga ini ditemukan di hutan Nagari Saniangbaka.

Ketua Pokdarwis Tangaya Saniangbaka, Eldo Askhia mengatakan, bunga Rafflesia Arnoldii ditemukan oleh warga setempat yang bernama M Riski. Saat itu, ia mengatakan bunga dalam kondisi vegetatif.

 

“Bunga ditemukan pada Rabu, 20 Oktober 2021. Penemunya adalah M Riski yang juga merupakan Koordinator Bidang Wisata Alam (Belukar) Pokdarwis Tangaya Saniangbaka. Awal ditemukan pucuk bunga rafflesia belum mekar,” ujarnya saat dihubungi langgam.id, Rabu (3/11/2021).

Eldo menambahkan, pihaknya juga menemukan pohon langka di sekitaran penemuan bunga Rafflesia Arnoldii. Pohon tersebut bernama Amorphophallus Titanium.

Ia mengungkapkan, pada Minggu (31/10/2021), pihaknya juga melakukan peninjauan ulang ke lokasi tersebut dan menemukan bunga Rafflesia Arnoldii tersebut telah mekar.

Kemudian, pada hari itu juga, ditemukan lagi bunga Rafflesia Arnoldii serta pohon langka lainnya. Penemuan ini tidak jauh dari lokasi pertama.

“Kami juga sudah membangun pagar di lokasi bunga Raflesia. Tujuannya sebagai penanda agar tidak terinjak oleh masyarakat,” bebernya.

Ia berharap dengan ditemukannya keberadaan bunga langka di daerah tersebut, bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Semoga menjadi wisata flora yang langka dan juga dapat dikembangkan menjadi salah satu alternatif bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Nagari Saniangbaka. Nanti kami juga akan memandu wisatawan yang ingin berkunjung,” tuturnya.

langgam.id


BERITA TERKAIT