6 Ruas Tol Trans Sumatra Sudah Bisa Dilalui untuk Mudik Lebaran 2022
LANGGAM.ID | 29/03/2022 07:34
6 Ruas Tol Trans Sumatra Sudah Bisa Dilalui untuk Mudik Lebaran 2022

Langgam.id – Hingga Maret 2022 ini, sebanyak 6 ruas jalan tol Trans Sumatra sudah beroperasi. Dengan demikian, ruas jalan tol tersebut sudah bisa digunakan oleh untuk pemudik dalam libur Lebaran tahun ini.

Enam ruas jalan tol yang sudah beroperasi tersebut, sebanyak tiga ruas adalah jalan tol yang menghubungkan Bakauheni (Lampung) dan Palembang (Sumatra Selatan). Sementara, tiga ruas lainnya terdapat di Riau, Sumatra Utara dan Aceh.

Situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melansir, tiga ruas yang menghubungkan pelabuhan penyeberangan Bakauheni dan Palembang adalah Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 141 kilometer, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 kilometer serta Kayu Agung-Palembang sepanjang 38 kilometer.

Di Riau, jalur tol Trans Sumatra yang telah beroperasi adalah ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 132 kilometer. Sementara di Sumut, yang sudah dilalui kendaraan adalah ruas Medan-Binjai sepanjang 17 kilometer. Terakhir, di Aceh ruas Sigli-Banda Aceh seksi 4 sepanjang 14 kilometer.

Total panjang enam ruas tol yang telah beroperasi tersebut adalah 531 kilometer (27,75 persen dari seluruh ruas utama). Jalur ini merupakan bagian dari ruas utama atau backbone tol trans Sumatra. Panjang ruas utama ini secara keseluruhan adalah 1.913 kilometer.

Selain yang sudah selesai, sejumlah jalur di ruas utama ini sedang dalam proses konstruksi. Ruas yang sedang dalam pembangunan itu antara lain Palembang-Betung, kemudian Kisaran-Indrapura sepanjang 48 kilimeter dan Binjai-Langsa segmen Binjai-Pangkalan Brandan sepanjang 58 kilometer.

Selain ruas utama, juga ada ruas tol sirip trans Sumatra atau feeder tol sepanjang 924 Km. Tol sirip ini adalah jalur tol yang menghubungkan berbagai daerah di Sumatra dengan ruas utama. Total panjang ruas utama dan ruas sirip tol Trans Sumatra adalah 2.837 kilometer.

Tol sirip trans Sumatra belum beroperasi. Sejumlah ruas masih dalam proses konstruksi. Antara lain adalah ruas Indralaya-Muara Enim sepanjang 119 kilometer dan Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu sepanjang 98 kilometer.

Ruas sirip lain adalah Padang-Pekanbaru. Di jalur ini yang sedang dalam proses pengerjaan juga adalah Pekanbaru-Bangkinang, Bangkinang-Pangkalan dan Padang-Sicincin.

Berdasar data di situs resmi Kementerian PUPR pada Sabtu (12/3/2022), ruas tol yang sedang dalam proses pengerjaan, baik ruas utama maupun sirip adalah sepanjang 486 kilometer.

Menjelang Idul Fitri/Lebaran pada 2022 ini, Kementerian PUPR memastikan kesiapan jalan tol dan jalan nasional di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. PUPR menyebut telah mengantisipasi arus mudik, karena tidak ada lagi pemberlakuan pembatasan perjalanan karena pandemi Covid-19.

Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Thomas Setiabudi Aden mengatakan, pihaknya menjaga kondisi jalan nasional untuk melayani masyarakat.

“Khususnya pada hari-hari istimewa yang menimbulkan pergerakan barang dan jasa lebih besar dari biasanya seperti Lebaran, Natal, dan Tahun Baru,” ujarnya, sebagaimana dirilis situs resmi Kementerian PUPR, Sabtu (19/3/2022).

langgam.id


BERITA TERKAIT