Mulai Beroperasi Pekan Ini, Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Persingkat Waktu Tempuh ke Sumbar
LANGGAM.ID | 25/04/2022 11:12
Mulai Beroperasi Pekan Ini, Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Persingkat Waktu Tempuh ke Sumbar
Progres konstruksi tol Pekanbaru - Bangkinang di Provinsi Riau. ANTARA/HO-PT Hutama Karya

Langgam.id- Jalan tol Pekanbaru-Bangkinang mulai beroperasi pekan ini, tepatnya 26 April 2022. Jalan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh pemudik dari Pekanbaru menuju Sumbar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Riau SF Hariyanto mengatakan, jalan tol Pekanbaru-Bangkinang dioperasikan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2022.

“Untuk arus mudik, jalan tol dibuka mulai 26 April hingga 3 Mei 2022. Sedangkan untuk arus balik, dibuka 4 hingga 11 Mei,” ujarnya dikutip dari laman resmi Pemprov Riau.

Ia mengatakan, jalan tol ini tidak akan buka selama 24 jam. Jam operasionalnya pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Pembatasan jam operasional ini karena jalan tol Pekanbaru-Bangkinang belum ada penerangan. Rambu-rambu petunjuk jalan juga belum dipasang.

“Akses jalan juga baru untuk satu jalur. Makanya sementara ini jalan tol Pekanbaru-Padang khusus untuk kendaraan golongam satu,” ujarnya.

Jalan tol dibuka dari arah Pekanbaru lewat Sungai Pinang untuk arus mudik. Sedangkan untuk arus balik, akses tol hanya sari arah Bangkinang lewar jembatan Seberang Bangkinang.

“Nanti akan ada pos pengamanan dari kepolisian di kawasan tol ini,” ujarnya.

Ruas tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer ini termasuk koridor Pekanbaru-Padang (254 kilometer).

Tol Pekanbaru-Bangkinang ini akan mempersingkat waktu tempuh Pekanbaru-Bangkinang menjadi 30 menit, yang sebelumnya lebih dari satu jam.

“Keberadaan jalan ini diyakini memperpendek waktu tempuh dari Pekanbaru ke Bangkinang, hanya setengah jam saja dari sebelumnya mencapai satu jam,” ujar Gubernur Riau Syamsuar.

 

langgam.id


BERITA TERKAIT