KAI Sumbar Operasikan 26 Perjalanan Kereta Selama Musim Mudik Lebaran 2022
LANGGAM.ID | 29/04/2022 16:01
KAI Sumbar Operasikan 26 Perjalanan Kereta Selama Musim Mudik Lebaran 2022
Ilustrasi mudik dengan kereta api. ANTARA/Reno Esnir

Langgam.id – PT KAI Divre II Sumatra Barat (Sumbar) mengoperasikan sebanyak 26 perjalanan kereta api selama musim libur Lebaran 2022. Penumpang diimbau untuk memesan tiket perjalanan sejak dini.

Vice President PT KAI Divre II Sumbar, Mohamad Arie Fathurrochman mengatakan, angkutan Lebaran Kereta Api telah memasuki masa H-4 Lebaran. PT KAI Sumbar terus mengingatkan kembali kepada seluruh pelanggan agar dapat memesan tiket sejak dini.

“Tujuannya agar perjalanan menjadi nyaman dan mematuhi syarat – syarat naik kereta api menjelang berlangsungnya puncak arus mudik pada 30 April atau H-2 Lebaran,” ujar Arie di Padang, Kamis (28/4/2022).

Menurut Arie, KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 sampai H+10 lebaran atau 22 April sampai 13 Mei 2022. Pihaknya juga menyarankan agar masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi Kereta Api dapat melakukan pemesanan tiket mulai H-7 sebelum keberangkatan melalui aplikasi KAI Access untuk memastikan ketersediaan tiket sehingga perjalanan menjadi lebih mudah, nyaman, dan menghindari antrian di loket.

Hingga hari ke-6 masa Angkutan Lebaran 2022 Rabu (27/4/2022) tercatat 15.271 penumpang menggunakan moda transportasi Kereta Api di wilayah Divre II Sumbar.

Selanjutnya pada periode Masa Angkutan Lebaran tahun 2022 ini, PT KAI Divre II Sumbar masih mendapatkan kepercayaan penugasan dari pemerintah melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menjalankan KA Perintis Minangkabau Ekspres dan KA Lembah Anai, serta mengoperasikan KA Lokal Sibinuang yang merupakan Kereta subsidi Public Service Obligation (PSO) yang dapat melayani masyarakat dengan tarif yang terjangkau.

Sementara untuk rute perjalanan KA Perintis Minangkabau Ekspres melayani relasi Pulau Aie – Padang – Bandara Internasional Minangkabau (PP), Kereta Api Perintis Lembah Anai relasi Kayu Tanam – Duku – Bandara Internasional Minangkabau (PP), dan KA Lokal Sibinuang melayani relasi Padang – Pariaman – Naras (PP).

“Total setiap harinya KAI Divre II Sumatera Barat akan mengoperasikan 26 perjalanan kereta api,” katanya.

Perjalanan itu dengan rincian 12 Perjalanan KA Minangkabau Ekspres, 6 Perjalanan KA Lembah Anai, dan 8 Perjalanan KA Sibinuang.

Kemudian, untuk perjalanan KA penumpang di Wilayah Divre II Sumatera Barat, KAI menyediakan rata – rata 6.604 tiket KA per hari untuk mengantisipasi kebutuhan dari masyarakat yang akan bepergian. KAI pada masa Angkutan Lebaran juga melakukan penambahan 2 kereta pada KA Sibinuang yang merupakan KA favorit masyarakat.

Selain itu, persyaratan naik KA pada masa Angkutan Lebaran ini juga mengikuti aturan pemerintah soal vaksinasi Covid-19. Hal ini perlu terus kami disampaikannya kepada pelanggan terutama mereka yang jarang naik kereta api atau yang hanya menggunakan kereta api saat mudik saja.

 

langgam.id


BERITA TERKAIT