Negeri Rutung Sambut Peserta Sail 2 Indonesia 2022
TEROPONGNEWS.COM | 03/08/2022 14:47
Negeri Rutung Sambut Peserta Sail 2 Indonesia 2022

TEROPONGNEWS.COM, AMBON- Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispabud) Kota Ambon, Rustam Hayat mengungkapkan, Sail 2 Indonesia merupakan event tahunan yang dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Menurutnya, kota Ambon menjadi kota ketiga yang disinggahi oleh peserta Sail 2 Indonesia Tahun 2022. Dalam perhelatan ke-18 kalinya, yacht rally tersebut mengambil rute dari Australia, Kepulauan Kei, Banda Naira, Ambon, Pulau Buru, Buton, Wakatobi, serta destinasi lainnya hingga berakhir di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

“Ini merupakan kegiatan rally internasional yang tahun ini diikuti oleh 8 negara dan diperkirakan sekitar 17 hingga 22 yacht yang berpartisipasi,” ujarnya di sela-sela penyambutan peserta Sail 2 Indonesia, di Amahusu, Selasa (2/8/2022).

Dikatakan setelah acara penyambutan atau Welcome Ceremony di Negeri Amahusu dan Gala Diner di kediaman Wali Kota Ambon, peserta Sail 2 Indonesia yang difasilitasi oleh travel agent akan mengikuti sejumlah event yang diagendakan kepada peserta yacht rally.

City Tour dilaksanakan Rabu (3/8/2022), dengan Closing Ceremony di Negeri Rutung, kecamatan Leitimur Selatan. Nantinya akan digelar acara kesenian dan budaya oleh pemerintah negeri Rutung, karena itu termasuk dalam paket City Tour,” jelasnya.

Negeri Rutung sendiri akan menampilkan wisata adat dan budaya pada acara penyambutan rombongan peserta Sail 2 Indonesia 2022 dan juga tim Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 di tanah Lopurissa Uritalai itu.

Lewat acara penyambutan tersebut, akan ada tari-tarian yang merupakan ciri khas serta kearifan lokal masyarakat Negeri Rutung, seperti tarian Cakalele Bulu Ayang, tarian Dansa Tali, tarian Ron Pisang, Katreji, musik Totobuang dan Pukul Sagu tradisional.

Sementara itu pemerintah dan masyarakat Negeri Rutung melalui Raja Reza Valdo Maspaitella, menyampaikan selamat datang kepada peserta Sail 2 Indonesia Tahun 2022 dan tim Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 dalam event ke-18 kalinya, yacht rally di Negeri Rutung dan kota Ambon.

 

**