Kali Walal, Objek Wisata Tersembunyi di Misool Utara
TEROPONGNEWS.COM | 01/10/2022 19:57
Kali Walal, Objek Wisata Tersembunyi di Misool Utara
Seorang wisatawan memotret gugusan pulau menonjol yang disebut Limestone, di Kawasan objek wisata Balbulol, Distrik Misool Timur, Raja Ampat, Papua, 25 April 2015. TEMPO/Hariandi Hafid

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT – Siapa sih yang tidak tahu Raja Ampat. Ya, Raja Ampat adalah salah satu kabupaten di Papua Barat yang terkenal dengan potensi wisata baharinya.

Karena keindahan alamnya, Raja Ampat menjadi salah satu daerah yang menjadi tujuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Kabupaten Raja Ampat memiliki ratusan pulau, termasuk kepulauan Raja Ampat. Empat di antaranya, yakni Pulau Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo, yang merupakan pulau-pulau besar.

Misool termasuk satu di antara empat pulau besar di kawasan wialayah Raja Ampat yang terkenal dengan potensi wisata baharinya.

Pesona keindahan Misool dihiasi gugusan pulau karang yang berkelompok ditengah lautan, yang berpadu dengan pesona bawah lautnya yang berwarna biru bersih.

Pemandangan seperti itu banyak ditemukan di kepulauan Misool. Seperti di Misool Utara, banyak objek wisata yag menawarkan pengalaman liburan dengan suasana alam yang membuat pikiran segar.

Salah satunya adalah Kali Walal. Kali Walal merupakan salah satu destinasi wisata air tawar alami yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Lokasi Kali Walal berada di kawasan kampung Atkari, Distrik Misool Utara, Kabupaten Raja Ampat.

Untuk masuk ke objek wisata alam tersebut, pengunjung harus menggunakan transportasi laut seperti longboat dari kampung Waigama, Misool Utara.

Pengunjung saat menelusuri Kali Walal dengan menggunakan perahu. (Foto:Mega/TN)

Saat memasuki area menuju Kali Walal, pengunjung pertama kali akan disuguhkan pemandangan hutan yang masih asri dan sejuk, dan dihiasi kicauan burung atau satwa endemik yang ada di dalamnya.

Pemandangan airnya yang berwarna hijau bening begitu menyegarkan mata.

Oh ya, dalam perjalanan memasuki area kali walal, kita akan menemukan sebuah goa yang lantai dasarnya adalah air kali yang aktif mengalir di sepanjang lorong goa.

Penampakan pertama yang akan kita lihat adalah kejernihan air kali dari dalam goa itu berwarna kebiruan.

Pemandangan di dalam Goa Kali Walal, Misool Utara, Raja Ampat. (Foto: Jesihando Rafael)

Selama berada di Goa Kali Walal, pengunjung harus tetap waspada. Bebatuan di sekitar goa sangat licin dan apabila tidak berhati-hati bisa saja tergelincir.

Tidak jauh dari Goa, kita akan akan menemukan air terjun mini yang mengalir dari bebatuan yang ada di Kali Walal.

Pemandangan alam serta gemercik arus air yang menerpa bebatuan akan membujuk siapa saja yang mampir untuk mandi di kawasan ini. Airnya pun cukup jernih dan segar.

Tsejumlah pengunjung saat berada di sekitar air terjun mini di Kali Walal, Misool Utara. (Foto:Mega/TN)

Namun, kita harus berhati-hati arus sungai yang deras. Bagi yang tidak bisa berenang, disarankan untuk menggunakan lifejacket, sebab kedalaman mencapai 3 meter.

 

**


BERITA TERKAIT