Pemkab Kediri Operasionalkan Mobil PCR Keliling
BACAINI.ID | 09/07/2021 10:54
Pemkab Kediri Operasionalkan Mobil PCR Keliling
Ilustrasi PCR Test. Shutterstock
 

Bacaini.id, KEDIRI – Pemerintah Kabupaten Kediri mengoperasikan mobil swab PCR untuk mempercepat pelacakan (tracing). Penularan wabah Corona di kabupaten ini meningkat pesat dalam beberapa waktu terakhir.

Pengoperasian mobil swab PCR ini akan dikendalikan oleh tim RSUD Simpang Lima Gumul. Mobil ini akan berkeliling dan melayani masyarakat di desa yang memiliki jumlah kasus positif tinggi.

Penanggung jawab laboratorium patologi klinik RSUD SLG dr. Gilang Kusdimar mengatakan mobil tersebut sedang dalam proses optimasi dengan melakukan pengambilan sample dari pasien positif Covid-19.

“Hasil dari sample itu nanti akan kami bandingkan dengan PCR yang sudah ada, agar hasilnya benar-benar valid,” kata dr. Gilang kepada Bacaini.id, Jumat, 9 Juli 2021.

Mobil Swab PCR ini menggunakan 2 mesin PCR yang dijalankan oleh 5 operator tenaga kesehatan. Diperkirakan dengan durasi selama dua sampai tiga jam akan dapat memeriksa sebanyak 30 sample. Digunakannya mobil tes Swab PCR keliling ini sebagai hasil evaluasi Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri.

“Harapan kami tentu saja agar proses tracing bisa lebih cepat dilakukan. Targetnya, mobil ini bisa beroperasi paling cepat minggu ini, persiapan sudah hampir 100 persen,” ucap Gilang.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mematok target cukup tinggi dengan adanya inovasi layanan tracing Covid-19 melalui mobil keliling ini.

“Ini inovasi yang bagus, dalam waktu dua jam mobil ini mampu melakukan tracing 30 sampai 40 sample. Jadi targetnya dalam satu hari inovasi ini mampu menjangkau 300 sample,” terang Mas Bup.

Jika mobil yang akan segera dioperasikan ini nantinya bisa efektif melakukan tracing yang lebih cepat, maka tidak menutup kemungkinan Pemerintah Kabupaten Kediri akan menambah jumlah mobil tes Swab PCR.

“Harapannya agar tracing lebih cepat dilakukan, terutama di daerah yang rawan, semoga bisa menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kediri,” tutup Mas Bup.

Penulis: Novira Kharisma
Editor: HTW

Tonton video:

The post Pemkab Kediri Operasionalkan Mobil PCR Keliling appeared first on Bacaini.id.


BERITA TERKAIT