Seramnya Kuliner Horor Khas Bangkalan
BACAINI.ID | 07/10/2021 11:55
Seramnya Kuliner Horor Khas Bangkalan
Nasi daun jeruk dari restoran Bubuklada (Dok. Bubuklada)
 

Bacaini.id, BANGKALAN- Bila mendengar kata setan, kunti dan pocong, pasti terbayang sosok hantu yang menyeramkan. Namun siapa sangka, di Bangkalan Madura, setan-setan itu justru jadi santapan makan malam yang digemari.

Jika tak percaya, silahkan datang ke Bangkalan. Di kabupaten ini terdapat beberapa tempat yang menyediakan setan. Bukan rumah dukun atau paranormal, tetapi warung makan. Warung-warung ini menjual berbagai menu makanan dengan nama-nama horor. Seperti nasi setan, nasi kunti, dan nasi pocong.

Kuliner dengan nama seram ini sedang viral dan jadi buruan anak muda Bangkalan. Seperti apa kulinernya? Yuk kita samperin bareng-bareng.

Nasi Setan

Menu nasi setan sudah tak asing lagi bagi pelanggan kelaparan di tengah malam. Lokasi warung nasi setan ini berada di Jalan KH. Abdul Muin Jagalan Lebak Kelurahan Pejagan Bangkalan, yang dikelola Hj. Sumayyah. Warung ini buka mulai pukul 17.00 sore hingga 06.00 pagi. Pembeli yang kelaparan pada tengah malam harus rela antre untuk mendapatkan menu ini.

Menu nasi setan ini sama seperti nasi campur, dengan cita rasa yang berbeda. Terdiri dari nasi putih, mie putih (su’un), telur petis, kuah daging (bumbu tolotoh), orek tempe, empal hati, daging goreng, perkedel jagung, dan sambal khas Madura.

Harga satu porsi nasi setan senilai Rp 15 ribu bila makan di tempat. Jika dibungkus harganya cukup Rp 14 ribu saja. Nikmat di lidah dan kenyang di perut.

Nasi Kunti

Nasi Kunti juga digemari penikmat kuliner Bangkalan. Pemilik warung nasi Kunti ini adalah Hosniyeh asal Kabupaten Sampang. Ibu delapan anak ini sudah 4 tahun berjualan nasi Kunti di daerah Sumur Kembang Kelurahan Pejagan Bangkalan. Warung ini buka selama 20 jam mulai pukul 10.00 pagi hingga 06.00 pagi.

Warung nasi ini selalu dikunjungi pelanggan yang lapar pada siang hingga malam hari. Menunya pun cukup simpel ada nasi putih, ayam goreng, ulu hati, ikan tongkol, dan tahu kuah serta sambal pedas. Menu nasi campur simpel seperti ini tidak merogoh gocek terlalu banyak cukup Rp 10 ribu satu porsi.

Nasi Pocong

Bila mendengar nasi pocong, pasti terbayang nasi putih terbungkus putih dan diikat ujungnya menyerupai pocong. Namun ternyata nasi ini sama seperti nasi campur pada umumnya, dengan bumbu khas kuah merah.

Satu porsi nasi pocong dibanderol Rp 12 ribu saja, dengan pilihan lauk bermacam-macam. Lauk nasi pocong terdiri dari daging sapi, daging ayam, mihun kecap, hati ayam, ikan tongkol disertai bumbu kemerahan, tahu dan sayur tumis wortel dan buncis serta sambal khas nasi pocong.

Nasi pocong Bangkalan bisa dicicipi di daerah Sumur Kembang Kelurahan Pejagan Bangkalan. Warung ini biasa buka pada pukul 18.00 WIB hingga 05.00 WIB Subuh.

Penulis: Rusdi
Editor: HTW

Tonton video:

The post Seramnya Kuliner Horor Khas Bangkalan appeared first on Bacaini.id.


BERITA TERKAIT