Taman Nasional Bromo Kembali Dibuka
BACAINI.ID | 01/12/2021 07:59
Taman Nasional Bromo Kembali Dibuka
Suasana lautan pasir Gunung Bromo pada hari pengaktifan kembali atau reaktivasi kegiatan wisata Gunung Bromo pada Jumat, 28 Agustus 2020. TEMPO | Abdi Purmono

Bacaini.id, MALANG – Kawasan wisata di Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kembali membuka seluruh pintu masuk wisatanya pada 30 November 2021. Hanya saja jumlah pengunjung yang masuk dibatasi hingga 25 persen total kapasitas.

“Berdasarkan surat Inmendagri Nomor 63 tahun 2021, Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat level 3, level 2, dan level 1 Covid-19 di wilayah Jawa Bali,  maka objek daya tarik wisata alam Gunung Bromo kembali dibuka diseluruh pintu,” ungkap Plt Kepala BB TNBTS Novita Kusuma Wardani kepada Bacaini.id, Selasa 30 November 2021.

Sebelumnya BB TNBTS hanya membuka pintu dari wilayah Malang saja. Namun sekarang semua pintu masuk dari akses Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang juga ikut dibuka seiring penurunan kasus COVID-19.

Novita menerangkan dalam pembukaan ini tetap dilakukan pembatasan sebanyak 25 persen dari total kapasitas. Dengan rincian untuk kuota site Bukit Cinta 31 orang per hari, site Bukit Kedaluh 107 orang per hari, site Penanjakan 222 orang per hari, site Mentigen 55 orang per hari dan site Savana Teletubbies 319 orang per hari.

Selain itu, lanjut dia, wajib menerapkan protokol kesehatan ketat dan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, tanda telah divaksin. ”Kami berharap pengunjung mematuhi peraturan yang ada,” tegas dia.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar TNBTS Sarif Hidayat menyarankan agar pengunjung bisa segera memesan tiket lewat www.bookingbromo.bromotenggersemeru.org karena pengunjung akan dibatasi.

”Dari kami akan berusaha seoptimal mungkin melakukan pemantauan dan pengecekan dipintu masuk. Termasuk monitoring di Savana dengan menempatkan personil di lokasi,” pungkasnya.

bacaini.id

 

 


BERITA TERKAIT