Gaji Bulanan Anda Habis Melulu? Coba 10 Tip Cara Mengatur Uang Gajian ini
KABARMAKASSAR.COM | 01/10/2019 20:21
Gaji Bulanan Anda Habis Melulu? Coba 10 Tip Cara Mengatur Uang Gajian ini

KabarMakassar.com-- Gajian merupakan sesuatu yang sangat dinantikan oleh  setiap pekerja baik itu diawal bulan maupun yang gajian di akhir bulan. Rasanya kan sangat bangga melihat dengan sebuah rutinitas hasil kerja sendiri dihargai, senang rasanya mengetahui diri ini sudah bisa menghasilkan uang sendiri.

Rasa ingin bersenang-senang pun tak terbendung saat gajian tiba, begitu banyak rencana yang sudah dirancang sebelum gajian, misalnya ingin membeli gadget baru, ingin makan enak setiap waktu, bahkan sampai ingin traveling ke tempat yang selama ini ingin sekali didatangi. Lalu apa yang terjadi? Hasilnya sebelum akhir bulan tiba gaji Anda sudah ludes tak tahu kemana.

BACA: Indahnya Wisata Pantai Akkarena Makassar

Itulah mengapa pengelolaan keuangan yang baik sangat diperlukan. Baik gaji kecil atau besar semua sudah pasti membutuhkan pengaturan keuangan yang baik. Gaji yang sedikit jika dikelola dengan baik akan lebih bermanfaat kedepannya. 

Nah, agar tragedi kehabisan uang sebelum tanggal gajian datang tak lagi terjadi kali ini dilansir dari berbagai sumber KabarMakassar akan memberimu beberapa langkah mengelola gaji yang bisa kamu terapkan mulai hari ini. Mau tahu apa saja tips-nya? Baca artikel ini selengkapnya!

1. Belajar meredam rasa

Langkah pertama adalah belajar meredam rasa, artinya jangan pernah merasa kaya setiap uang gaji baru tiba. Gaji itu semu dan sementara, masih banyak kebutuhan yang harus dibayar di ujung sana

Setelah menerima uang bulanan ingat kembali bahwa uang yang kamu dapat ini tidak mungkin akan seterusnya utuh dan bisa digunakan untuk foya-foya. Kamu masih memiliki utang, cicilan, tabungan serta kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Selalu tanamkan di lingkar kepala bahwa uang ini tidak menjadikanmu kaya karena sifatnya yang hanya sementara.

Setiap kamu mendapatkan notifikasi bahwa transaksi transfer gaji sudah sukses dilakukan tanamkan pola pikir bahwa uang ini harus dibelanjakan bagi kebutuhan-kebutuhan mendesak. Langsung kurangi gajimu dengan tagihan uang kost, tagihan listrik, belanja kebutuhan pribadi, sampai uang makan bulan ini. Kalau perlu tarik uang sesuai nominal kebutuhan dan masukkan dalam amplop terpisah.

2. Buat Anggaran Bulanan

Anda bisa melakukan perencanaan anggaran bulanan, lalu mulai membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian.

Untuk kebutuhan primer, seperti makan, ongkos, tagihan listrik, cicilan motor, dan sebagainya. Sedangkan kebutuhan tersier, Anda bisa membuat anggaran untuk shopping, traveling, sampai hangout dengan teman-teman kerja Anda.

Tujuan dibuatnya anggaran bulanan, yaitu agar dapat menahan pemborosan yang kemungkinan akan terjadi. Jika Anda membuat anggaran, otomatis pengeluaran akan jelas habisnya untuk apa.

3. Buat Skala Prioritas

Cara kedua yang bisa Anda lakukan yakni membuat skala prioritas, Anda bisa membuat daftar kebutuhan secara urut mulai dari yang paling diprioritaskan. Dengan begitu, akan terlihat nantinya berapa banyak jumlah kebutuhan yang harus dibayarkan terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, biasanya pada saat gajian ingin langsung makan enak. Sebaiknya sekarang Anda tahan dulu keinginan itu, Anda tetap bisa makan enak tanpa harus bayar mahal kan. Hal ini juga akan menghemat pengeluaran bulanan.

4. Segera Bayar Tagihan

Hal pertama juga yang harus Anda lakukan ketika gajian adalah segera membayar tagihan Anda di awal. Dari mulai tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan rumah, tagihan kendaraan, dan lain-lainnya.

Jangan pernah menunda untuk membayarkan tagihan, karena jika Anda tidak segera membayarnya di awal, yang ada nanti tagihan malah jadi menumpuk. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda yang lainnya.

5. Segera Anggarkan Uang untuk ditabung

Penting untuk menabung, meskipun uang yang ditabung jumlahnya tidak besar, tetap saja paling tidak ada tabungan yang dimiliki.

Untuk mempermudah Anda dalam menabung, Anda dapat menyisihkan gaji di awal untuk ditabung. Bukan sisa dari uang kebutuhan sehari-hari.

Jika Anda menyisihkannya dari sisa-sisa uang kebutuhan sehari-hari, percayalah Anda tidak akan mempunyai uang untuk ditabung sama sekali.

6. Buat Laporan Keuangan Harian

Jangan lupa simpan struk belanja setiap kali Anda selesai berbelanja. Lalu, catatlah pengeluaran setiap harinya. Ini dapat membantumu mengetahui kemana saja uang yang Anda gunakan selama ini.

Juga dapat membantu Anda memilih barang-barang apa saja sebenarnya yang tidak harus Anda beli kedepannya. Anda harus menahan diri untuk tidak membeli barang-barang yang tidak benar-benar Anda butuhkan.

7. Bijak dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit akan sangat membantu jika Anda memakainya dengan bijak dan cerdas. Anda bisa menggunakannya dengan memanfaatkan promo-promo yang diberikan untuk membeli barang-barang yang Anda butuhkan.

Nah, jangan lupa juga untuk melunasi tagihan kartu kredit Anda ketika menerima tagihannya, ya. Jangan berpikir bahwa Anda bisa menggunakan kartu kredit kapan saja, itu justru akan menjadi senjata untuk Anda sendiri.

Jika sering menggunakan kartu kredit, maka secara otomatis tagihan Anda akan menumpuk. Sudah pasti gaji Anda akan hanya numpang lewat saja.

 8. Hindari Kredit Barang Yang Tidak Terlalu Mendesak

Sebisa mungkin hindari godaan untuk kredit barang. Di awal kesannya memang ringan, tapi cicilan akan tetap terasa memberatkan

Kamu juga bisa menghindari untuk mengambil cicilan barang-barang yang memiliki beban cicilan yang tidak terjangkau kantongmu. Atau cicilan barang yang sebenarnya tidak begitu perlu. Gawai baru, motor baru, sampai alat elektronik yang sebenarnya masih bisa tergantikan dengan barang terdahulu.

Ini merupakan cara ampuh supaya kamu tidak boros atau tidak kehabisan uang di akhir bulan. Jika kamu memang berniat untuk mencicil, kamu bisa mengambil cicilan dari barang yang memang paling kamu butuhkan, sesuai anggaran dan dengan bunga yang rendah.

 9. Sisihkan Untuk Investasi

Setelah Anda menyisihkan gaji untuk ditabung dan kebutuhan sehari-hari, jika masih mempunyai dana lebih. Gunakan dana tersebut untuk berinvestasi dengan ikut asuransi, membeli emas atau perhiasan dengan nilai jual yang tinggi.

Tentu berinvestasi berbeda dengan menabung, jika menabung Anda bisa mengambilnya kapan saja, berbeda dengan investasi. Anda tidak bisa mengambil sesuai dengan keinginan. Berinvestasi akan memberikan keuntungan dimasa yang akan datang.

10. Sebagai Pembangkit Semangat Sisihkan 10% Dari Uang Gajimu Per Bulan Demi Kebutuhan Orang Tua.

Untuk membuatmu mampu hidup hemat dan benar-benar mengencangkan ikat pinggang, kamu bisa menanamkan pemahaman di kepala bahwa kamu juga harus menyisihkan pendapatan untuk orangtua. 10% gajimu harus dialokasikan demi tabungan untuk orangtua.

Hal ini bisa sangat berguna, karena nantinya apabila orangtuamu jatuh sakit atau membutuhkan dana mendadak kamu mempunyai cukup uang yang memang dialokasikan untuk membantu mereka.

Terapkan Gaya Hidup Hemat dalam Hidup

Selain pentingnya cara kelola gaji bulanan, Anda juga harus menerapkan gaya hidup hemat. Karena jika Anda sudah mengelola gaji dengan baik, tetapi Anda masih boros semua tentu akan percuma.

Anda harus menekan keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak begitu Anda perlukan. Juga, Anda harus mengurangi jadwal nongkrong atau hangout dengan teman.

Anda juga harus bijak dalam menggunakan gaji bulanan, dahulukan yang menjadi prioritas. Jangan gampang tegoda dengan tawaran diskon yang ada.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda bijak dalam menggunakan gaji bulanan, ya!  Yuk, mulai hidup hemat dan bijak mengelola keuangan sendiri mulai dari sekarang!

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT