Terganggu Bau Mulut Saat Gunakan Masker? Baca 5 Tip Mengatasinya
KABARMAKASSAR.COM | 02/07/2020 16:15
Terganggu Bau Mulut Saat Gunakan Masker? Baca 5 Tip Mengatasinya
Ilustrasi pasangan memakai masker di tengah pandemi Covid-19. Shutterstock

KabaMakassar.com — Terbiasa dengan menerapkan protokol kesehatan di masa new normal, masyarakat wajib mengenakan masker. Saat keluar rumah masker selalu digunakan dan pastinya kita hanya menghirup aroma dari nafas kita sendiri. Menggunakan masker terlalu lama mengakibatkan bau tak sedap muncul dari, untuk itu bagaimana menghilangkannya KabarMakassar.com merangkum dari berbagai sumber.

Pertama, Sikat gigi sebelum keluar rumah. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut, selain itu tak cukup hanya dua kali dalam sehari menggosok gigi. Namun perlu diperhatikan pasta gigi yang kita gunakan adalah pasta gigi berfluoride agar gigi dapat bersih optimal, serta mengusir bakteri pemicu bau mulut. Jangan hanya gigi saja, Anda perlu menyikat lidah untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada area tersebut.

Setelahnya, jangan lupa untuk flossing atau membersihkan gigi dengan benang. Flossing penting dilakukan untuk menjangkau area di sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Kedua, Gunakan Obat Kumur. Perlu sekali menggunakan obat kumur, atau mouthwash untuk menjaga napas tetap segar dan mengatasi bau mulut saat pakai masker. Pilih obat kumur dengan kandungan antiseptik, supaya kesehatan gigi dan mulut mendapatkan perlindungan optimal.

Pilih mouthwash atau obat kumur yang mengandung 4 essential oil yang bantu kurangi 99.9% kuman penyebab masalah mulut. Sifat antimikroba dalam mouthwash/obat kumur dapat membilas bakteri penyebab aroma mulut. Selain itu, mouthwash/obat kumur juga membantu mencegah penumpukan plak gigi. Dan jangan lupa aturan pakai dan petunjuk pengunaannya.

Ketiga, Perbanyak Minum Air Putih, ini juga sangat perlu karena Air ludah atau saliva dapat mencegah mulut kering. Namun, dalam kondisi dehidrasi atau kurang cairan tubuh, bisa berakibat pada mulut kering. Ketika mulut kering, bakteri bisa berkembang dan menimbulkan bau mulut.

Untuk mengatasi bau mulut tidak sedap saat pakai masker, ada baiknya untuk banyak minum air mineral. Cukupi kebutuhan cairan harian, setidaknya dua liter atau delapan gelas setiap hari. Cara ini dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengatasi bau mulut akibat perkembangan bekteri.

Keempat, Hindari Makanan Minuman yang berbau. Intinya minuman yang beraroma seperti Kopi, dan saat makan juga perlu diperhatikan sepert bawang bawangan, dan makanan tinggi gula.

Kelima, Jangan Merokok, slain untuk menjaga sistem pernafasan, situasi saat ini perlunya anda tidak merokok. Tidak hanya merugikan kesehatan paru-paru, merokok juga bisa membuat aroma napas tak sedap dan penyakit pada gusi.

Kebiasaan merokok membuat mulut jadi mudah kering, rentan terkena infeksi gigi, dan timbul bau mulut. Saat mengenakan masker, tentu tak nyaman rasanya ketika Anda menghirup aroma rokok dari napas sendiri.

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT