Pilkades Negararatu Lampung Utara, Petahana Dikalahkan Sang Istri
TERASLAMPUNG.COM | 13/12/2021 13:29
Pilkades Negararatu Lampung Utara, Petahana Dikalahkan Sang Istri
Ilustrasi pilkades serentak. ANTARA

Teraslampung.com, Kotabumi–Pemilihan Kepala Desa Serentak di Lampung Utara yang baru selesai dilakukan menyisakan sejumlah cerita menarik. Mulai dari perolehan suara ‎sama dari dua calon kepala desa hingga tumbangnya petahana kepala desa oleh istrinya sendiri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Lampung Utara, Abdurahman membenarkan dua kejadian menarik tersebut. Kejadian – kejadian itu terjadi di Desa Karangsakti, Kecamatan Muara Sungkai, dan Desa Negararatu, Kecamatan Sungkai Utara.

“Calon Kepala Desa (Cakades) Karangsakti hanya dua orang. Setelah dihitung, perolehan suara Cakades nomor urut 1 dan 2 ternyata sama,” kata dia, Sabtu (10/12/2021).

Dengan perolehan suara sama tersebut, pihak panitia Pilkades melalui kecamatan meminta masukan dari panitia Pilkades tingkat kabupaten sesuai dengan peraturan yang ada. Panitia Pilkades tingkat kabupaten dalam hal ini hanya berperan sebagai mediator. Wewenang penetapan pilkades tetap berada sepenuhnya di panitia Pilkades.

“Aturan yang digunakan dalam Pilkades ialah Peraturan Bupati nomor 44 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Lampung Utara,” jelasnya.

Perolehan suara sama itu diatur pada Pasal 48 ayat 1 ‎dalam perbup tersebut. Isinya, calon kepala desa terpilih yang perolehan suaranya sama ditetapkan berdasarkan dengan suara terbanyak pada tempat pemungutan suara dengan jumlah suara sah terbanyak.

“Pasal inilah yang digunakan oleh panitia Pilkades untuk menetapkan Cakades nomot urut 2 sebagai Kades terpilih,” kata dia.

Adapun mengenai tumbangnya petahana Kades di tangan istrinya sendiri, menurutnya, itu terjadi di Desa Negararatu. Peserta Pilkades di desa tersebut memang hanya diikuti oleh Agus Sulistio dan Febrina Eka Ramalau yang berstatus sebagai suami – istri.

“Pilkades Negararatu dimenangkan oleh ibu Febrina Eka Ramalan. Beliau adalah istri dari petahana yang juga menjadi pesaingnya dalam Pilkades,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Sungkai Utara, Darmin ketika dikonfirmasi turut membenarkan bahwa pemenang Pilkades Negararatu adalah‎ Febrina Eka Ramalan. Yang bersangkutan mengalahkan suaminya sendiri dalam pesta demokrasi enam tahunan ini.

“Pak Agus Sulistio sendiri sudah menjabat sebagai kepala desa selama dua periode,” tutur dia.‎

Pilkades serentak Lampung Utara diselenggarakan pada Rabu lalu (8/12/2021). Total desa yang menggelar Pilkades berjumlah 141 desa. Awalnya, total desa yang menggelar Pilkades berjumlah 143 desa, namun karena terkendala persoalan administrasi, dua desa terpaksa ditunda pelaksanaan Pilkadesnya.

Adapun total peserta Pilkades sendiri berjumlah 463 orang. Jumlah para pemilih tetap untuk Pilkades di 141 desa tersebut mencapai 234.549 suara. Mereka akan menggunakan hak suaranya di 547 tempat pemungutan suara.

teraslampung.com


BERITA TERKAIT