Tenggat Hampir Habis, Baru 19 Persen Temuan BPK yang Diselesaikan Pemkab Lampung Utara
TERASLAMPUNG.COM | 13/07/2022 20:34
Tenggat Hampir Habis, Baru 19 Persen Temuan BPK yang Diselesaikan Pemkab Lampung Utara
Kantor Pemkab Lampung Utara
TERASLAMPUNG.COM, Kotabumi–Meskipun batas waktu tinggal delapan hari, namun capaian penyelesaian temuan BPK dari Perangkat Daerah‎ di lingkungan Pemkab Lampung Utara ternyata masih sangat rendah. Persentase pengembaliannya baru mencapai sekitar 19,05 persen saja.
 
“Secara keseluruhan sampai saat ini persentase ‎penyelesaian temuan BPK tahun anggaran 2021 baru sekitar 19,05 persen,” jelas kata Sekretaris Inspektorat Lampung Utara, Herty Lenie melalui Kepala Subbagian Analisis dan Evaluasi, Yuni Santoso‎, Selasa (13/7/2022).
 
Menurutnya, persentase ‎capaian itu didapat mereka setelah menghitung berapa total uang yang menjadi temuan BPK yang telah dikembalikan oleh Perangkat Daerah ke kas daerah. Bukti – bukti setor mereka itulah yang menjadi dasar perhitungan untuk kemudian dihitung secara keseluruhannya.
 
“Selain itu, ada juga yang telah melengkapi bukti – bukti Pertanggungjawaban ‎yang diminta BPK,” terangnya.
 
Ia menguraikan, secara keseluruhan total uang temuan BPK yang harus dikembalikan Rp2,1 miliar. Nilai tersebut berasal dari sejumlah Perangkat Daerah seperti Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan DPRD.
 
“Yang capaian penyelesaiannya sudah 100 persen baru Disdikbud, Dinas Pertanian, dan Kecamatan Kotabumi,” kata dia.
 
Pihaknya akan terus mendorong Perangkat Daerah untuk segera menyelesaikan apa yang diharuskan. Hal itu dikarenakan waktu yang tersedia tak lebih dari delapan hari saja. Meski begitu, apa pun hasil penyelesaiannya baik rampung atau belum rampung akan tetap mereka sampaikan ke pihak BPK.
 
“Dalah hal ini, kami sifatnya hanya mendorong dan memfasilitasi saja‎,” terangnya.
 
 
 

BERITA TERKAIT