Pemkab Lampung Utara Hentikan Penerimaan P3K, Ini Alasannya
TERASLAMPUNG.COM | 20/07/2022 14:35
Pemkab Lampung Utara Hentikan Penerimaan P3K, Ini Alasannya
Kantor Pemkab Lampung Utara

TERASLAMPUNG.COM, Kotabumi–Pemkab Lampung Utara memutuskan untuk tidak lagi menerima Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) ‎pada tahun 2022. Semua itu karena anggaran Pemkab Lampung Utara saat ini sangat terbatas.

“Karena keterbatasan anggaran, Pemkab Lampung Utara tak akan lagi merekrut P3K pada tahun ini,” terang Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Lampung Utara, Hairul Fadila, Selasa (19/7/2022).

Menurut Hairul Fadila, langkah tersebut  merupakan keputusan terbaik untuk semua pihak. Sebab, kata dia, jika tetap ngotot untuk kembali merekrut P3K yang baru, dikhawatirkan anggaran daerah tak lagi mampu untuk membayar gaji para P3K.

“Namun, kebijakan itu masih bisa berubah sepanjang pemerintah pusat mau menanggung gaji para P3K yang baru itu,” jelasnya.

Mengenai rencana penghapusan tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang, menurut Hairul Pemkab Lampung Utara masih terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait teknis pelaksanaannya.

“Sampai saat ini hal tersebut masih belum mereka terima. Tetapi, pada dasarnya kami tidak mampu  menolak keputusan itu jika memang hal tersebut sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat,” ‎katanya.

Di sisi lain, anggota Komisi I DPRD Lampung Utara, Herwan Mega mengatakan kedua persoalan itu sempat dibahas dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), Senin (18/7/2022).

Dalam RDP itu Komisi I DPRD Lampung Utara  menyarankan agar penerimaan P3K diberhentikan untuk sementara waktu. Kebijakan ini harus dilakukan agar anggaran daerah tak terlalu terbebani dengan ‎pembayaran gaji P3K.

“Soal penghapusan tenaga honorer, kami sudah sarankan pemkab untuk menolaknya karena banyak juga tenaga honorer yang memiliki kompetensi yang mumpuni,” katanya.

 

teraslampung.com


BERITA TERKAIT