Kasus Ibu Siksa Anak kandung, Pemkab Lampura Upayakan Selesaikan di Luar Jalur Hukum
TERASLAMPUNG.COM | 08/09/2022 15:55
Kasus Ibu Siksa Anak kandung, Pemkab Lampura Upayakan Selesaikan di Luar Jalur Hukum
Ilustrasi kekerasan pada anak. youtube.com

Teraslampung.com, Kotabumi–Meskipun diduga mendapat siksaan dari ibunya, kondisi balita malang asal Bukitkemuning, Lampung Utara dinyatakan dalam kondisi sehat. Kesimpulan itu didapat berdasarkan hasil pemeriksaan dari pihak rumah sakit.

“Alhamdulillah, setelah diperiksa di rumah sakit, kondisi balita tersebut dalam keadaan sehat,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lampung Utara, Maya Natalia Manan, Kamis (8/9/2022).

Kendati begitu, pihaknya masih akan terus memantau perkembangan anak tersebut. Selain fokus terhadap kesehatan si anak, mereka juga akan melakukan pendampingan penjiwaan pada‎ ibu anak tersebut. Dengan begitu, depresi yang diduga dialaminya dapat dihilangkan.

“Kondisi ibu dan balitanya akan terus kami pantau perkembangannya,” tuturnya.

Adapun mengenai peluang untuk mendorong persoalan ini agar tidak diteruskan ke ranah hukum, Maya mengaku sedang mempelajarinya. ‎Konsultasi pada penasehat hukum akan segera dilakukan. Namun, pihaknya cenderung menyetujui jika persoalan ini dapat diselesaikan di luar ranah hukum.

“Kehadiran ibunya sangat dibutuhkan. Kemarin saja saat diamankan, anaknya enggak mau berpisah dari ibunya walau hanya sebentar,” kata dia.

Sebelumnya, berdalih kesal dengan suami, seorang ibu di Kecamatan Bukitkemuning, Lampung Utara diduga sengaja menyiksa putra kandungnya yang masih berumur sekitar satu tahun.

Perbuatan kejam itu yang dilakukan oleh perempuan dengan usia 24 tahun itu diabadikannya dalam beberapa potongan video. Dalam video – video yang membuat mendidih darah siapa saja yang menontonnya itu, ia terlihat menampar, menginjak, dan bahkan menggantung anaknya dengan kain.

Meskipun anaknya terlihat menangis karena kesakitan, ibu muda itu terlihat santai men‎yiksa anaknya. Sembari menyiksa anaknya, perempuan tersebut terdengar mengucapkan perkataan yang intinya kesal dengan si suami. Dugaan penyiksaan itu dilakukan di kamar pelaku. Berdasarkan informasi yang didapat, kejadian itu dilakukan pada Minggu (4/9/2022).

Tak butuh banyak waktu, video dugaan penyiksaan langsung diviralkan oleh warganet. ‎Viralnya video dugaan penyiksaan itu langsung direspons oleh petugas Polsek Bukitkemuning dengan melakukan penangkapan. Ibu sadis akhirnya mereka amankan pada Rabu (7/9/2022).

 

**