Dua Harimau Masuk Kampung di Lampung Utara
TERASLAMPUNG.COM | 20/09/2022 08:01
Dua Harimau Masuk Kampung di Lampung Utara
Dewi Siundol: Harimau Sumatra yang Terluka Akibat Perangkap BKSDA

Teraslampung.com, Sungkai Selatan–Warga Desa Bumiratu, ‎Sungkai Selatan saat ini sedang dicekam ketakutan karena terdapat dua ekor harimau yang berkeliaran di lingkungan mereka. Teror hewan buas itu telah berlangsung selama sepuluh hari terakhir.

“Kemarin, sejumlah warga melihat langsung ada dua ekor harimau berkeliaran di kebun warga,” kata Camat Sungkai Selatan, Ria Yuliza, Senin (19/9/2022).

Ria menuturkan, keberadaan dari kedua ekor hewan buas itu pertama kali diketahui oleh Ahmad Hardi. Saat itu yang bersangkutan sedang beristirahat di sebuah gubuk usai mencabut singkong milik Tabroni, di Dusun V, Desa Bumiratu. Saat beristirahat itulah ia melihat dua ekor harimau.

“Sebenarnya sudah sekitar 10 hari ini warga mendapat teror dari harimau. Namun, saat itu mereka hanya mendengar suaranya saja, dan baru kali ini melihatnya langsung,” tuturnya.

Karena ketakutan, ia langsung menelpon rekannya yang lain yang tak jauh dari lokasi. Mendapat informasi tersebut, kelima rekannya langsung menghampiri yang bersangkutan. Kelima juga melihat langsung kedua ekor hewan buas tersebut.

Untungnya, kedua harimau itu tak menyadari keberadaan mereka. Hewan – hewan buas pemakan daging itu terlihat meninggalkan lokasi. Keduanya menuju arah yang berbeda. Adapun langkah yang telah mereka ambil terkait persoalan ini ialah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan pimpinan mereka.

Pihaknya juga telah menghubungi Badan Konservasi Sumber Daya Alam agar dapat segera mengamankan kedua hewan tersebut. Langkah pengamanan itu harus segera dilakukan demi kebaikan warganya dan hewan itu sendiri. Imbauah pun telah diberikan pada warga agar dapat lebih berhati – hati saat beraktivitas di luar rumah.

“Lokasi kebun itu sendiri tak jauh dari pemukiman warga. Mungkin ‎hanya sekitar 500-an meter saja,” jelas dia.

Di tempat berbeda, Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, Sofyan mengaku telah mendapat informasi tersebut. Pihaknya juga telah menyampaikan temuan ini pada instansi terkait. ‎Tak lupa juga ia mengimbau pada warga sekitar untuk mengurangi aktivitas dan selalu berhati – hati saat di luar rumah.

‎”Kepada warga, tetaplah waspada. Kalau bisa, hendaknya kurangi aktivitas untuk sementara ini,” ‎imbaunya.

 

**


BERITA TERKAIT