Video Menteri di India Bersihkan Sendiri Selokan Jadi Viral
TEMPO.CO | 03/10/2018 11:35
Menteri di India V Narayanasamy membersihkan selokan yang kotor dan videonya menjadi viral. [V Narayanasamy Twitter]
Menteri di India V Narayanasamy membersihkan selokan yang kotor dan videonya menjadi viral. [V Narayanasamy Twitter]

TEMPO.CO, Jakarta - Seorang menteri di India telah dipuji sebagai sosok yang menginspirasi atas kerelaannya membersihkan selokan penuh sampah dan kotor sebagai bagian dari kampanye kebersihan yang digalangkan oleh pemerintah.

Sebuah video yang diunggah oleh anggota Kongres Nasional India yang menunjukkan Velu Narayanasamy yang sedang membungkuk untuk membersihkan kotoran, kemudian menjadi viral.

Baca: Mengaku Guru Spiritual PM India, Lelaki Ini Diciduk

Narayanasamy yang merupakan kepala wilayah selatan India, Puducherry, terlihat sedang menggulung dhoti-nya, sebuah pakaian tradisional India yang dikenakannya untuk menutupi kaki, dan melepaskan sepatunya sebelum turun ke saluran pembuangan dengan bertelanjang kaki.


Narayanasamy kemudian menggunakan sepasang sarung tangan dan sekop untuk membersihkan selokan yang tersumbat di daerah Nellithope selama kurang lebih 10 menit.

Seorang pekerja partai mengaku rekan-rekan partainya terkejut dengan aksi nyata Narayanasamy.

“Kami terkejut tetapi beliau bersikeras bahwa beliaulah yang akan membersihkan sumbatannya. Orang-orang yang berada di posisi sepertinya hanya memberi petunjuk dan tidak memberi contoh,” kata pekerja partai itu seperti dikutip dari Times of India.

Baca: PM India Modi Luncurkan Program Kesehatan Terbesar di Dunia

Video Narayanasamy membersihkan selokan dibagikan di Twitter setelah anggota kongres mengunggahnya. Publik pun menyambut baik tindakannya yang rendah hati. Mereka menjuluki Narayanasamy sosok yang menginspirasi.

Aksi Narayanasamy dilakukan sebagai bagian dari kampanya Swachhta Hi Deva dari Perdana Menteri Narendra Modi untuk membersihkan jalan-jalan di India.

RT NEWS | SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT