Saat Ahok Lewat Simpang Susun Semanggi Pertama Kalinya
TEMPO.CO | 26/01/2019 04:16
Jembatan simpang susun Semanggi dan Jalan Gatot Subroto dilihat dari ketinggian, Jakarta, 12 September 2017. Peresmian simpang susun yang digelar pada Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia ini diyakini dapat mengurangi kemacetan sebanyak 2
Jembatan simpang susun Semanggi dan Jalan Gatot Subroto dilihat dari ketinggian, Jakarta, 12 September 2017. Peresmian simpang susun yang digelar pada Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia ini diyakini dapat mengurangi kemacetan sebanyak 20 hingga 30 persen. TEMPO/Tony Hartawan

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terpukau saat melintas di Jalan Simpang Susun Semanggi. Ia melewati jalan lingkar tersebut tepat setelah bebas dari hukuman pada Kamis, 24 Januari 2019.

Dalam video blog atau vlog yang diunggah di akun YouTube-nya Panggil Saya BTP hari ini, Jumat, 25 Januari 2019, ia mengaku baru pertama kali melewati jalanan tersebut. Ahok yang sedang berada di dalam mobil terlihat kagum hingga terus memandang keluar jendela. Dia juga menyingkap gorden mobilnya.

Baca: Vlog Perdana Ahok: Akik Menyala Temani di Bui

"Emang belum pernah (lewat)?" kata anak sulungnya, Nicholas Sean Purnama. Dalam vlog itu, Ahok duduk berdampingan dengan Nicholas di bangku kedua mobil. Nicholas mendengarkan sejumlah aktivitas ayahnya saat berada dalam penjara.

Kepada Nicholas, Ahok mengenang sudah masuk bui saat jembatan itu diresmikan. Pembangunan Simpang Susun Semanggi yang dimulai pada periode Ahok kala menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta itu diresmikan Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus 2017. Saat peresmian, Ahok sudah mendekam selama sekitar empat bulan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

Dalam vlog itu, Ahok pun mengungkapkan keinginannya untuk menyetir mobil melewati jalanan Semanggi. Namun niatnya urung lantaran surat izin mengemudinya telah lewat masa perpanjangan.

Baca: Jokowi Apresiasi Pengerjaan Proyek Simpang Susun Semanggi

Masih terlihat terpukau, Ahok lalu memuji Kepala Dinas Bina Marga DKI pada masanya, Yusmada Faizal. "Pas Yusmada ini top," ujarnya.

Proyek pembangunan Simpang Susun Semanggi ini juga pernah diapresiasi oleh Jokowi. Saat peresmiannya, Jokowi mengatakan pembangunan itu salah satu proyek yang berhasil. Bahkan, pengerjaannya tidak memakai dana APBD.

Simpang Susun Semanggi memiliki panjang 1,8 kilometer. Jalan ini dibangun menggunakan dana kompensasi Koefisien Lantai Bangunan (KLB) dari PT Mitra Panca Persada senilai Rp 579 miliar, namun anya Rp 360 miliar digunakan untuk membangun Simpang Susun Semanggi.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT