Ketua DPRD DKI Prasetio Edi: Ahok ke Luar Negeri Pekan Depan
TEMPO.CO | 26/01/2019 23:11
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (kanan) berfoto dengan putra sulungnya, Nicholas Sean, pascabebas dari penjara di Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019. Ahok berkumpul dengan keluarga dan kerabatnya pasca bebas dari penjara. Instagram/@Nachosean
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (kanan) berfoto dengan putra sulungnya, Nicholas Sean, pascabebas dari penjara di Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019. Ahok berkumpul dengan keluarga dan kerabatnya pasca bebas dari penjara. Instagram/@Nachosean
TEMPO.CO, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memiliki rencana melancong ke beberapa negara setelah bebas dari penjara. Rencana itu dibeberkan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. 

Baca: Ahok Ingin Jadi Seorang Influencer, Apa Itu?
Baca: Garis Tangan Sama Jadi Alasan Ahok Akan Nikahi Bripda Puput

“Ahok seminggu lagi liburan. Dia ke luar negeri pekan depan,” ujar Prasetio pada Sabtu, 26 Januari 2019. 
 
Prasetio tak merinci tujuan kepergian mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Ia mengatakan belum bertemu dengan Ahok secara langsung sehingga tak mengetahui informasi detail soal rencana lawatan rekannya itu ke beberapa negara. 
 
Informasi serupa sebelumnya sempat disampaikan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat. Djarot mengatakan Ahok berencana berlibur ke sejumlah tempat. Salah satunya, kata dia, ke Jepang.
 
“Pak Ahok dan keluarganya akan pergi ke Bali, Belitung, lalu melihat sakura di Jepang,” ucapnya saat ditemui awak media pada 23 Januari lalu.
 
Ihwal rencana Ahok usai berlibur, Djarot tak mengetahui pasti. Namun ia mengingat, rekan sejawatnya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga 2017 itu akan memiliki program khusus di salah satu stasiun televisi swasta. 
 
Pernyataan Djarot itu diaminkan oleh Pras. Pras menambahkan, Ahok akan mulai menekuni dunia digital. “Dia mau nge-vlog,” ucap Pras. 
 
Ahok dinyatakan bebas penuh setelah mengurus administrasi masa berakhirnya hukuman di Lembaga Permasyarakatan Cipinang pada 24 Januari lalu. Ia sebelumnya menjalani hukuman kurungan 2 tahun lantaran dijatuhi vonis penistaan agama. Ahok memperoleh msa remisi lebih-kurang 3 bulan. 
 
Selepas bebas, Ahok mulai tampil di publik. Ia mengunggah sejumlah kegiatannya di media-media sosial pribadi, seperti Instagram dan YouTube. Saat pertama kali keluar dari bui, mantan Bupati Belitung Timur itu sempat menjajal Simpang Susun Semanggi, menemui Wakil Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, dan berkumpuk bersama keluarga serta calon istrinya, Puput Nastiti Devi. 
 
 
 

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT