2 Hari Tayang, Vlog Perdana Ahok Tembus 3 Juta Penonton
TEMPO.CO | 27/01/2019 05:07
Pendukung Basuki Tjahaja Purnama menunjukkan foto di akun instagram BasukiBTP di depan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok,  Kamis, 24 Januari 2019. Mereka memberi dukungan moril kepada Ahok yang resmi bebas dari penjara usai menjalani masa tahanan satu tahun d
Pendukung Basuki Tjahaja Purnama menunjukkan foto di akun instagram BasukiBTP di depan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Kamis, 24 Januari 2019. Mereka memberi dukungan moril kepada Ahok yang resmi bebas dari penjara usai menjalani masa tahanan satu tahun delapan bulan dan 15 hari. ANTARA/Kahfie Kamaru

TEMPO.CO, Jakarta - Video blog atau vlog perdana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi salah satu tayangan terpopuler di YouTube baru-baru ini.

Baca: Ketua DPRD DKI Prasetio Edi: Ahok ke Luar Negeri Pekan Depan

Sejak diunggah melalui akun resmi Ahok, Panggil Saya BTP, pada 25 Januari 2019 lalu, video yang ditampilkan dengan judul “BTP Vlog #1 - Pulang” itu telah ditonton oleh 3,1 juta pemirsa.

Sebanyak 351 ribu pengguna YouTube pun meninggalkan tanda suka pada tayangan pertama mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Sedangkan 6.000 lainnya menorehkan tanda tidak suka.

Akun yang mengunggahnya pun telah memperoleh ratusan ribu subscriber. Menurut pantauan Tempo, hingga 26 Januari dini hari, setidaknya 634 ribu pengguna YouTube menandai akun Panggil Saya BTP dengan cara men-subscribe-nya.

Adapun video perdana Ahok menampilkan kegiatan bincang-bincang bersama putra sulungnya, Nicholas Sean Purnama. Video berdurasi 9 menit 26 detik itu diambil dari dalam sebuah mobil berwarna hitam.

Ahok tampak tampil mengenakan kemeja biru dongker lengan panjang bermotif kotak-kotak dalam video tersebut. Busana ini sama dengan yang ia pakai saat resmi keluar dari Lembaga Permasyarakatan Cipinang.

Sedangkan di sampingnya, duduk Nicholas yang terlihat mengenakan pakaian lebih kasual. Nicholas memakai kaus berwarna abu-abu dan bercelana pendek.

Di dalam rekaman video, keduanya berbincang-bincang santai. Ahok menceritai Nicholas seputar pengalamannya mendekam di Markas Komando Brigade Mobil atau Mako Brimob sejak 2017 hingga Januari 2019. Ahok sebelumnya dibui lantaran vonis penistaan agama.

Ia juga mengilas balik tentang grup musik bentukannya di lingkungan hotel prodeo itu. Menurut Ahok, ia menamai grup musiknya Band Teman Penjara atau BTP. Ahok juga berjanji akan mengulas soal grup musik ini bila vlog perdanannya mendulang sukses dan diputar banyak orang.

Tak hanya itu, Ahok mengungkapkan keinginannya mengundang tukang cukur dari Mako Brimob ke rumah bila ia ingin potong rambut. “Karena udah cocok,” ucapnya kepada Nicholas.

Masih dalam tayangan yang sama, mantan Bupati Belitung Timur itu juga sempat menginformasikan bahwa surat izin mengemudinya sudah mati dan harus memperpanjangnya kembali.

Di tengah video, Ahok terkagum-kagum saat melewati Simpang Susun Semanggi. Jalan yang didesain semasa ia menjabat Gubernur DKI Jakarta itu belum pernah ia lewati sejak perdana diresmikan pada Agustus lalu. Ahok lantas memuji Yusmada Faizal, Kepala Dinas Bina Marga DKI yang menjabat pada eranya.

Vlog Ahok ini menuai komentar warganet. Setidaknya, dalam 2 hari tayang, sudah ada 41 ribu komentar dilayangkan pada video tersebut. “Welcome back my superhero,” tulis pemilik akun Elisabeth Wang. “Baru 1day subscribe sudah 600k lebih alhamdulilah bpk AHOK byk pengemarnya,” ucap pemilik akun Dwi Aryani.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan kawan karibnya itu akan serius menggarap vlog. Bahkan, Ahok disebut bakal terjun di dunia bisnis digital itu bila konsisten membuat konten.

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT